Cuitan Elon Musk Ternyata Punya Pengaruh Pada Kenaikan Harga Cryptocurrency

Portalkripto.com– Pengusaha kawakan Elon Musk nampaknya menjadi sosok yang cukup berpengaruh pada dunia cryptocurrency belakangan ini. Terutama cuitannya di media sosial Twitter yang dapat menggerakan pasar dalam seketika.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Protos yang dipublikasi 23 Januari 2021, menunjukan aktivitas CEO Tesla ini di Twitter terutama ketika menyinggung salah satu koin, hampir bisa dipastikan harga aset digital tersebut selalu bergerak positif.

Anda mungkin masih ingat ketika ia membuat cuitan pertama tentang Dogecoin (DOGE) pada April 2019 lalu yang berisikan “Dogecoin might be my fav cryptocurrency. It’s pretty cool.”

http://

Setelah cuitan tersebut, harga Doge benar-benar naik drastis hingga 62% dan volume perdagangannya meningkat tiga kali lipat.

Tak hanya itu, Protos pun menganalisis dampak cuitan Elon lainnya tentang Doge yang juga berdampak pada kenaikan harga meme coin tersebut. Diantaranya pada November 2020 dan Desember 2021. Cuitan di periode tersebut membuat harga Doge terdongkrak.

 

 

ETH dan BTC

Selain mencuit tentang Doge, Elon pun kerap menyinggung sejumlah mata uang kripto lainnya, seperti Bitcoin dan Ether (ETH). Sama seperti saat mencuit tentang Doge, setelah mencuit soal BTC maupun ETH harga kedua koin tersebut pun naik. 

Protos menggambarkan bagaimana pengaruh cuitan Elon tentang ETH pada harganya ke depan. Meskipun tidak semujur Doge, harga ETH sempat terdongkrak setelah Elon mencuit tentangnya. 

“Tiga tweetnya tentang Ethereum pada 30 April 2019 tampaknya paling berhasil.

Seminggu kemudian, ETH mengambil hingga 14% lebih banyak. Setelah satu bulan, itu telah reli lebih dari 70%,” tulis Protos.

LIHAT JUGA: Tesla Cuan US$272 Juta dari Penjualan 10% Aset Bitcoin

Harga Bitcoin pun sempat terpantau naik setelah Elon membuat cuitan. Kendati demikian, kenaikan harganya tidak sedramatis saat Elon menciut tentang Doge. 

Dalam penelitian tersebut pun disebutkan alasan mengapa dampak cuitan Elon tentang Doge dan Bitcoin berbeda. Karena, Doge dengan kapitalisasi pasar yang jauh di bawah BTC lebih mudah terlihat dampaknya.

“Kapitalisasi pasar DOGE hanya $ 1,1 miliar, di bawah 0,002% dari kapitalisasi Bitcoin. Masuknya permintaan secara tiba-tiba dapat meningkatkan harga untuk sementara – yang menjelaskan mengapa DOGE naik setiap kali pria SpaceX men-tweet tentang hal itu.”

Penelitian tersebut pun menegaskan bahwa gambaran tersebut bukan suatu hal yang pasti berkolerasi.

http://

Nah, bagaimana dengan cuitan Elon Musk terkahir tentang The Dogefather? Yang jelas setelah cuitan tersebut harga Doge setiap harinya mengalami peningkatan 12%. Kita tunggu bakal ada apa nanti tanggal 8 Mei 2021?

LIHAT JUGA: Setelah Cuitan Elon Musk, Ke Mana Arah Harga Dogecoin (DOGE)?

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.