DCG Jual Saham Grayscale di Tengah Kebangkrutan Genesis

Share :

Portalkripto.com — Holding sejumlah perusahaan kripto, Digital Currency Group (DCG) dilaporkan telah menjual sebagian sahamnya di perusahaan investasi kripto Grayscale Investments. Laporan Financial Times menyebut DCG mengumpulkan sekitar $22 juta dalam penjualan saham Grayscale.

Langkah penjualan saham ini terjadi di tengah kesulitan keuangan yang menerpa DCG. Perusahaan itu juga tengah mencoba mengumpulkan dana untuk mendukung anak perusahaannya yang kini telah mengajukan kebangkrutan, Genesis.

Laporan itu menyebut DCG mulai menjual sahamnya di Grayscale pada 24 Januari 2023. Saham yang dijual kala itu adalah Grayscale Ethereum Trust (ETHE) di mana perusahaan menjual saham ETHE seharga $8 per saham senilai total $22 juta.

DCG juga menjual beberapa saham yang lebih kecil seperti Litecoin Trust, Bitcoin Cash Trust, Ethereum Classic Trust, dan Digital Large Cap Fund.

Grayscale Investment merupakan perusahaan investasi kripto yang memiliki sejumlah produk trust kripto. Produk investasi andalan utamanya ialah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang memiliki total dana kelolaan klien lebih dari $10 miliar. Saham GBTC dan sejumlah produk investasi lainnya juga diperdagangkan di bursa Nasdaq. Harga saham GBTC sempat menyentuh harga diskon 50% pada 2022, namun kini harganya perlahan membaik.

Saga kebangkrutan anak perusahaan Genesis telah membuat DCG terjerembab dalam sengkarut krisis keuangan yang menimpa anak-anak usahanya. Genesis sendiri dilaporkan berutang lebih dari $3 miliar kepada krediturnya, termasuk sekitar $900 juta kepada pengguna Gemini Earn.

Genesis sendiri telah mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 ke Pengadilan Distrik New York setelah terkatung-katung akibat reli bear market hampir sepanjang 2022. Genesis juga terdampak krisis kebangkrutan FTX pada November dan Three Arrows Capital (3AC) pada Juli.

Belakangan DCG dan Genesis dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan kelompok kreditur utama untuk menjual aset Genesis yang akan direstrukturisasi melalui kebangkrutan. DCG juga dilaporkan telah menyepakati untuk memulihkan 80%-100% tunggakan senilai 280 juta euro kepada bursa kripto Bitvavo.