Dogecoin akan Pindah ke Mekanisme Proof of Stake?

Share :

Portalkripto.com — Dogecoin terjun bebas hingga hampir 10% dalam sepekan terakhir setelah muncul spekulasi bahwa blockchain tersebut akan melakukan transisi ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) seperti Ethereum. Saat ini Dogecoin menggunakan model proof-of-work (PoS) seperti Bitcoin.

Dalam sebuah utas di Twitter pada Rabu lalu, salah satu pengembang inti Dogecoin Foundation, Michi Lumin, menjawab spekulasi tersebut. Ia menegaskan, semua informasi yang disampaikan influencer media sosial sama sekali tidak berasal dari internal Dogecoin.

Meski demikian, Lumin mengaku ada rencana untuk merilis proposal kepada komunitas terkait potensi transisi ke proof-of-stake. Hanya saja model PoS yang dipertimbangkan akan berbeda dengan model PoS biasa.

Menurutnya, akan sulit melakukan transisi dari PoW ke PoS tanpa persetujuan dari mayoritas validator node Dogecoin. Ia mengatakan, Dogecoin Foundation tidak bisa memaksakan perpindahan semacam itu.

Tahun ini, blockchain Ethereum berhasil melakukan transisi dari PoW ke PoS dalam proses The Merge pada September lalu. Namun, sejak The Merge, harga ETH terus menurun hingga ke titik terendahnya di tahun ini.

Setelah Ethereum berpindah, Dogecoin kini menjadi blockchain terbesar kedua setelah Bitcoin yang menggunakan mekanisme konsensus PoW.

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, sempat mengungkapkan harapannya melihat Dogecoin dan Zcash melakukan transisi yang sama. Bola liar bahkan terus menggelinding di tengah komunitas saat Buterin dirumorkan sedang bekerja sama dengan pengembang Dogecoin untuk mengembangkan blockchain tersebut.

Masih dalam utasnya, Lumin mengungkapkan, jaringan Dogecoin sebenarnya lebih mirip Bitcoin daripada Ethereum secara teknologi.

Harga DOGE Menyusut

Harga DOGE secara mengejutkan anjlok hingga 6% dalam 24 jam pada 30 Desember lalu, saat spekulasi transisi ke PoS mencuat. DOGE kembali melonjak sedikit pada 2 Januari dini hari setelah Dogecoin Foundation mengumumkan pembentukan lembaga pendanaan Dogecoin Core.

Sebanyak 5 juta DOGE telah disiapkan. Di dalam wallet Dogecoin Core tercatat telah ada 4.999.999,90 token DOGE senilai $342.000. Wallet multisig ini dikelola oleh pengembang inti Dogecoin, termasuk Michi Lumin.

Saat ini DOGE diperdagangkan di $0,06962, menurut data CoinMarket Cap.

Pergerakan harga DOGE dalam 24 jam terakhir. (sumber: CoinMarketCap)

DOGE telah menurun hingga 61% dalam 12 bulan terakhir. Akan tetapi kinerja koin meme ini tercatat lebih baik daripada koin-koin lainnya seperti Solana. Token asli Solana, SOL, tercatat sudah tertekan hingga 95% sejak awal tahun 2022, imbas dari ambruknya exchange FTX.

DOGE bahkan mengalami penurunan lebih sedikit jika dibandingkan dengan Bitcoin dan rata-rata kripto lain yang telah turun 65% dalam setahun terakhir.

Pada 2022, Dogecoin berkali-kali mengalami lonjakan yang utamanya dipengaruhi oleh pasang surut hubungan miliarder Elon Musk dan platform sosial media raksasa Twitter. Saat Musk resmi mengakuisisi Twitter pada Oktober lalu, DOGE bahkan melonjak hingga lebih dari 100%.