El Salvador Bangun Tambang Bitcoin Menggunakan Energi Terbarukan

Portalkripto.com-El Salvador kian gencar untuk mendorong sektor kripto dengan membangun tambang Bitcoin (BTC) bertenaga panas bumi dari gunung berapi.

Ini tentu saja akan menjadi tambang Bitcoin yang ramah lingkungan karena akan minim atau tanpa emisi karbon karena memanfaatkan energi terbarukan.

Melalui tweet resminya, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, telah membagikan cuplikan video yang menunjukkan perkembangan dari pabrik tambang BTC negara tersebut.

Dalam penjelasannya, tambang ini akan bekerja dengan tenaga panas bumi yang dihasilkan gunung berapi setempat.

Hanya menulis sepenggal kalimat, “langkah pertama”, video 25 detik tersebut hanya menampilkan beberapa bagian dari pabrik dan kegiatan di dalamnya, termasuk penampakan rig penambangan kripto.

LIHAT JUGA: Facebook Kembali Serius Garap Proyek Kripto

Tweet  tersebut muncul beberapa bulan setelah Bukele mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas tambang Bitcoin bertenaga panas bumi.

Dan pada Juni lalu, Presiden El Salvador tersebut juga mengatakan bahwa dirinya akan menginstruksikan perusahaan listrik milik negara, LaGeo, untuk mengelola pabrik tambang Bitcoin.

Bukele pun mengklaim bahwa pabrik ini akan ditenagai dengan energi yang sangat murah, 100% bersih, 100% terbarukan dan tanpa emisi karbon.

Langkah anyar pemerintah El Salvador ini menegaskan kembali potensi besar bagi para pecinta Bitcoin untuk menekan jumlah jejak karbon dari tambang.

Dengan menggunakan sejumlah besar sumber energi terbarukan, termasuk pembangkit listrik tenaga air, tenaga surya dan angin, hal tersebut dapat diwujudkan dengan maksimal.

 PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM