El Salvador Sahkan UU yang Mengatur Obligasi yang Didukung Bitcoin

Share :

Portalkripto.com — Pemerintah El Salvador kembali membuat gebrakan dalam adopsi bitcoin. Terbaru, mereka mengesahkan undang-undang sebagai kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin.

Undang-undang ini dinamakan Volcano Bond. Fungsinya sebagai dasar hukum yang akan digunakan untuk membayar utang negara, mendanai pembangunan Kota Bitcoin, dan menciptakan infrastruktur penambangan Bitcoin

UU itu disahkan pada 11 Januari oleh Presiden Nayib Bukele. Dari 78 anggota parlemen yang melakukan voting, 62 suara mendukung dan 16 menolak.

Dengan UU ini, Kantor Bitcoin Nasional El Salvador akan mulai menerbitkan obligasi.

Asal usul penamaan Volcano atau gunung api untuk obligasi tersebut berasal dari lokasi Kota Bitcoin di El Salvador. Kota tersebut digadang-gadang  akan menjadi hub crypto terbarukan yang mendapatan sumber listrik dari energi hidrotermal dari gunung berapi Conchagua di dekatnya.

Bitfinex menyebutkan bahwa kota tersebut akan menjadi zona ekonomi khusus seperti di China, yang akan menawarkan keuntungan pajak, peraturan ramah kripto, dan sebaliknya memberi insentif bisnis Bitcoin untuk penduduknya.

Obligasi tersebut ditargetkan untuk mengumpulkan $1 miliar untuk negara, dengan setengahnya digunakan untuk membangun zona ekonomi khusus.

Dalam proposal awal disebutkan, token obligasi akan didenominasi dalam mata uang dolar AS. Hal penting lainnya adalah obligasi memiliki jatuh tempo sepuluh tahun, dan tingkat bunga tahunan sebesar 6,5%.

Investor bitcoin di El Salvador berharap agar pengesahan RUU tersebut dapat membantu mengubah negaranya menjadi pusat keuangan mata uang kripto dunia.

“Langkah untuk mengesahkan Undang-Undang Sekuritas Digital yang baru, dan mengaktifkan instrumen baru seperti Obligasi Bitcoin, akan membantu El Salvador untuk melunasi hutang mereka yang ada, dan akan sangat penting untuk mengubah negara tersebut menjadi pusat keuangan utama dunia.” begitu harapan mereka.

RUU tersebut juga mencakup kerangka hukum untuk semua aset digital selain Bitcoin dan menciptakan regulator baru yang akan bertanggung jawab untuk menerapkan undang-undang sekuritas dan memberikan perlindungan bagi konsumen dari aksi kejahatan.