Elon Musk: Tesla akan Tangguhkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Portalkripto.com– Elon Musk bikin kejutan lagi. Melalui cuitannya, 13 Mei 2021 (05.00 WIB), Musk menyebutkan akan menangguhkan Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran produk Tesla. 

Dalam cuitan tersebut, alasan Musk menangguhkan Bitcoin sebagai alat pembayaran di perusahaanya karena masalah lingkungan. Ia mengatakan, kegiatan menambang BTC menimbulkan peningkatan sumber energi kotor seperti batu bara dll. 

http://

Hal yang mengejutkan lainnya, Musk mengatakan akan mencari mata uang kripto lain untuk menggantikan posisi Bitcoin sebagai alat pembayaran produk Tesla. Namun, ia memastikan tidak akan menjual Bitcoin yang telah dimiliki oleh perusahaan.

“Tesla will not be selling any Bitcoin and we intend to use it for transactions to more sustainable energy. We are also looking at other cryptocurrencies that use <1% of Bitcoin’s energy/transaction,” cuit Elon.

Cuitan ini menuai respon sangat luar biasa. Sejumlah komentar mengaitkan Dogecoin (DOGE) sebagai pengganti BTC untuk pembayaran produk Tesla yang menggunakan mata uang kripto. Sebagian besar komentar nampaknya terkejut dengan keputusan ini. 

Namun, ada juga yang mengkritisi statement Elon tersebut. Seperti yang dilontarkan oleh akun @APompliano. Ia menyebutkan bahwa statement Elon tentang BTC yang menngunakan banyak energy tidak masuk akal.

Elon … you realize that 75% of miners use renewable energy, right? This energy story has been debunked over and over again.”

Tesla pertama kali mengumumkan mengadopsi BTC untuk pembayaran produk kendaraan listriknya sejak bulan Februari 2021. Pengumuman itu datang bersamaan dengan investasi US$ 1,5 miliar dalam bitcoin sebagai aset perbendaharaan.