Empat Kejadian Krusial yang Terjadi di Pasar Crypto Januari-Maret 2021

Portalkripto.com– Pasar mata uang kripto bergerak secara dinamis. Dinamika ekosistem cryptocurrency ini semakin luas setelah banyak orang yang mulai mengenal dan mendalami aset investasi ini.

Di awal tahun 2021, tercatat jumlah investor ritel (ketengan) dan investor baru kian bertambah. Dibarengi dengan total kepemilikan aset crypto yang dimiliki institusi atau investor perusahaan, membuat ekosistem ini berjalan dengan mantap. 

Ekosistem ini pun semakin bergerak dinamis setelah sejumlah perusahaan sebut saja Tesla, MicroStrategy, PayPal, telah mengadopsi mata uang kripto sebagai alat transaksi di perusahaan saya. 

Sejumlah peristiwa yang terjadi di kuartal pertama 2021 (Januari-Maret) ini bisa saja menjadi sinyal positif untuk di bulan-bulan selanjutnya. Salah satunya, setelah memasuki kuartal kedua (April), kapitalisasi pasar seluruh mata uang kripto mencetak rekor, mencapai total US$ 2 triliun.

Berikut portalkripto.com rangkumkan peristiwa penting yang terjadi di pasar mata uang kripto selama tiga bulan terakhir:

Arus Dana Masuk ke Cryptocurrency Cetak Rekor

Berdasarkan laporan dari Coinshares Digital Asset Fund Flows Weekly, 5 April 2021, arus masuk dana dan produk ke cryptocurrency mencapai nilai tertingginya, yakni sebesar US$ 4,5 miliar pada kuartal pertama. 

Hal tersebut menunjukkan peningkatan partisipasi kelembagaan semakin besar. Data tersebut pun mencerminkan semakin besarnya kepercayaan investor pada aset digital ini. 

LIHAT JUGA: Miliarder Amerika ini Kurangi Kepemilikan Bitcoin untuk Serok Ethereum

Aset Kripto yang dikelola Perusahaan Investasi Melonjak

Aset Crypto yang dikelola oleh perusahaan investasi seperti Grayscale dan Coinshares di  kuartal pertama ini melonjak, mencapai nilai US$ 59 miliar. 

Peningkatan ini cukup tajam mengingat pada tahun lalu, aset yang dikelola ini hanya mencapai US$ 37,6 miliar.

Grayscale masih menjadi pengelola mata uang digital terbesar, dengan aset $ 46,1 miliar, sementara CoinShares, pengelola aset digital terbesar kedua dan terbesar di Eropa, mengawasi aset sekitar $ 5,1 miliar.

Investor Institusional Berperan Penting

Berdasarkan laporan kuartalan Coindesk, pada kuartal pertama 2021 ini, peran investor institusional seperti Tesla, MicroStrategy dan yang lainnya sangat memegang peranan pada grafik harga BTC secara khusus, dan secara umum untuk aset kripto lain.

LIHAT JUGA: Data Berbicara: April Bulan yang Baik Bagi Harga Bitcoin

“Aktivitas dari investor institusional tampaknya melambat, tetapi mereka masih menjadi kunci, dan beberapa pencapaian kuartal ini menunjukkan bahwa tren adopsi BTC oleh investor institusional akan terus berlanjut setidaknya dalam beberapa bulan ke depan,” tulis laporan tersebut.

Sejumlah Koin Teratas Cetak ATH

Aset Digital teratas sebut saja BTC, ETH, ADA, XRP, mencetak harga tertingginya di kuartal pertama 2021.

LIHAT JUGA: April Bullish! Review Pergerakan Harga Bitcoin, BNB, dan DOT

Bitcoin menjadi koin dengan pencapaian harga tertinggi paling besar. BTC pada 13 Maret 2021, menginjak harag US$ 61 ribu dollar. 

Sedangkan, ETH pun mengalami hal serupa. Koin berbasis blockchain Ethereum ini menginjak harga US$ 2 ribu dollar pada 20 Februari. Dan di awal kuartal 2 bulan April ini ETH pun kembali mencetak harga tertingginya.[]PORTALKRIPTO 

Yuk, berlangganan konten premium portalkripto untuk analisa teknikal dan fundamental yang lebih mendalam

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.