Binance Terus “Diserang”, Kini Giliran Pemerintah Singapura Beri Peringatan

Portalkripto.com-Exchange cryptocurrency terbesar di dunia Binance telah mengumumkan akan angkat kaki dari Singapura. Keputusan ini menyusul peringatan dari regulator keuangan Singapura yang menuding Binance melanggar undang-undang pembayaran.

Sejak pengumuman yang dirilis pada 5 September 2021, per tanggal 9 September 2021, warga Singapura tidak lagi bisa memperdagangkan aset kripto menggunakan mata uang dolar Singapura (SGD). Aplikasi seluler Binance juga akan dihapus dari Apple dan Google Play store Singapura.

Dalam keterangannya, pihak Binance mengatakan semua trading pair SGD akan dihapus pada pukul 04:00 UTC pada 9 September, Maka dari itu, pengguna disarankan untuk menyelesaikan semua perdagangan peer-to-peer 24 jam sebelum tenggat waktu.

Keputusan Binance menghentikan penawaran produk tertentu menyusul beberapa hari setelah Otoritas Keuangan Singapura (MAS) mengingatkan bursa itu melanggar sejumlah hukum Akta Layanan Pembayaran Singapura.

Binance telah diperingati oleh MAS sejak 1 September 2021. MAS menganggap dalam perusahaan Binance terdapat elemen yang belum memenuhi regulasi pemerintah setempat. 

Kasus serupa dialami Binance di sejumlah negara. Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Changpeng Zhao ini mendapat resistensi dari otoritas di sejumlah negara. diantaranya Jepang, Jerman, Inggris, dan provinsi Ontario Kanada. 

Negara-negara tersebut akan menindak Binance pada musim panas ini. Selain itu, baru-baru ini, regulator keuangan Afrika Selatan memperingatkan warganya bahwa Binance tidak diizinkan untuk beroperasi di negara tersebut. 

LIHAT JUGA: Diperingati Otoritas Financial Afrika Selatan, Binance Balik Melawan

Perlawanan regulator berakibat banyaknya perhatian negatif tertuju kepada Binance US. Binance US adalah badan usaha yang terpisah dari Binance Global. Sebab itu, investor dikabarkan batal memasuki putaran pendanaan sebesar US$100 juta bagi exchange itu.

Gagalnya putaran pendanaan disebut menjadi pemicu Brian Brooks mengundurkan diri sebagai CEO Binance US hanya dalam waktu tiga bulan setelah ia menjabat posisi itu.

Kendati perhatian regulator yang negatif, bursa global Binance memproses transaksi lebih banyak dibanding exchange manapun. Pada hari Minggu, volume perdagangan Binance dilaporkan mencapai lebih dari US$24 milyar menurut data CoinMarketCap.

 

PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM