Google akan Batasi Layanan Iklan Produk Cryptocurrency

Portalkripto.com– Google akan membatasi layanan periklanan miliknya bagi segala produk cryptocurrency. Bagi perusahaan atau komunitas yang ingin beriklan, Google akan menerapkan kebijakan yang ketat untuk mendapat sertifikasi terlebih dahulu.

Pengumuman kebijakan ini diumumkan Google pada Rabu, 3 Mei 2021 melalui halaman kebijakan baru yang ia rilis di website resminya. 

Mulai tanggal 3 Agustus, pengiklan yang menawarkan Bursa dan Dompet Mata Uang Kripto yang menargetkan Amerika Serikat dapat mengiklankan produk dan layanan tersebut jika mereka memenuhi persyaratan berikut dan disertifikasi oleh Google. Agar disertifikasi oleh Google,” tulis Google di halaman support.google.com.

Untuk mendapat sertifikasi atau standar baru pengiklan, Google menerapkan kebijakan yang harus dilalui oleh perusahaan atau komunitas. Salah satunya adalah perusahaan tersebut harus terdata sebagai bisnis layanan keuangan yang diakui oleh regulator atau pemerintah. 

LIHAT JUGA: Empat Coin Potensial Juni 2021, Beserta Analisis Teknikalnya

“Pengiklan harus meminta sertifikasi Bursa dan Dompet Mata Uang Kripto baru dari Google saat formulir permohonannya dipublikasikan pada tanggal 8 Juli 2021,” tulisnya.

Google pun akan melarang sepenuhnya iklan yang menawarkan koin perdana atau ICO dan sinyal pasar cryptocurrency yang meliputi saran investasi mata uang kripto, situs agregator atau afiliasi yang berisi konten terkait atau ulasan dari broker.

Kebijakan ini menuai kritik dari komunitas cryptocurrency. Mereka menilai kebijakan ini sangat tidak adil. Karena, selama ini Google pun bertanggungjawab pada penyebaran informasi penipuan atau scam yang melibatkan cryptocurrency yang kerap lolos dari jangkauan mereka.