“Green Weekend” Kembali Mengaung, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, 21 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto kembali bergairah setelah penutupan kandil harian pagi ini kembali menghijau. Kondisi saat ini berhasil mengulang tren positif yang terjadi pada minggu lalu.

Bitcoin sebagai aset dengan kapitalisasi terbesar, berhasil ditutup hijau, dengan kenaikan harga yang cukup signifikan, sebesar 7,57%. Hal tersebut berdampak positif bagi keseluruhan aset kripto.

Crypto Heat Map by: Coin360.

ETH mengikuti tren positif tersebut, dengan kenaikan sebesar 6,93%, dan BNB kembali terangkat, setelah berhasil naik 3,56%.

Beberapa aset kripto berhasil mencuri perhatian pelaku pasar, setelah kandil harian pagi ini ditutup dengan kenaikan yang tinggi, seperti APT, melambung tinggi sebesar 39%, HBAR dengan kenaikan sebesar 18,46%, dan OP yang berhasil melanjutkan laju bullishnya, naik sebesar 22,62%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup hijau, naik sebesar 6,31%, ditutup pada level $995,11 miliar, dengan titik tertinggi berada pada level $1 triliun, dan titik terendah berada pada level $925,987 miliar.

Kenaikan harga saat ini berhasil menarik kembali sentimen positif pelaku pasar. Fear and greed index naik dua poin, ditutup pada level 53, dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, dan BNB berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Pergerakan harga Bitcoin kembali berada diatas 200-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup hijau, dengan kenaikan yang cukup tinggi, sebesar 7,57%. Volume perdagangan ditutup tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.667, level tertinggi berada pada harga $22.755, dan level terendah berada pada harga $20.861.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

200-Day EMA kembali menjadi support terdekat, setelah penutupan kandil harian pagi ini berhasil berada diatasnya.

Laju naik Bitcoin berhasil menyentuh resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 12 September di level $22.488.

Pergerakan harga Bitcoin berpotensi melanjutkan laju bullisnya, apabila berhasil bertahan diatas titik resitance tersebut.

Jika aksi beli cukup kuat untuk mendorong kembali kenaikan harga, kemungkinan pergerakan harga Bitcoin bisa kembali menyentuh area level $23.888-$25.198.

ETH/USDT 1D Binance

ETH kembali melaju naik setelah penurunan harga berhasil ditahan 200-day EMA sebagai dinamis support. Kandil harian ETH ditutup hijau, dengan kenaikan yang tinggi, sebesar 6,93%. Naiknya harga tersebut tidak didukung oleh volume peradagangan yang mumpuni, berada dibawah 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.658, level tertinggi berada pada harga $1.669, dan level terendah berada pada harga $1.542.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis support pada 200-day EMA masih cukup solid untuk menahan penurunan harga, dan mampu memantulkan harga ETH dari turun menjadi naik.

Laju naik ETH berhasil menyentuh resistance yang terbentuk pada penutupan kandil harian 29 Oktober di level $1.663.

Breakout terhadap titik tersebut menjadi kunci untuk kembali menarik sentimen positif pasar, dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 11 September di level $1.789 menjadi target naik selanjutnya, apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout.

BNB/USDT 1D Binance

Kandil harian BNB berhasil ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 3,56%. Penutupan kandil harian BNB terlihat membentuk morning star yang merupakan bullish candlestick.

Tekanan beli kembali terasa, hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) yang kembali bergerak naik menuju area overbought.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $305,1, level tertinggi berada pada harga $305,4, dan level terendah berada pada harga $286,6.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB berhasil breakout resistance yang terbentuk pada penutupan kandil harian 10 September di level $298,6.

Harmonic resistance pada level $307,8 menjadi halangan yang harus dilewati untuk bergerak naik lebih tinggi.

Laju naik BNB berpotensi untuk kembali menyentuh harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 Mei di level $337,9, apabila berhasil breakout titik tersebut.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.