Hacker Gondol $8 Juta Duit Pengguna Dompet Kripto BitKeep Versi Bajakan

Share :

Portalkripto.com — Hacker jahat kembali beraksi menggondol sejumlah koin kripto senilai $8 juta milik pengguna. Aksi maling besar-besaran ini dilakukan dengan membobol software dompet kripto BitKeep APK diduga versi bajakan.

Operasi penjebolan kripto tersebut diketahui lewat unggahan firma analitik transaksi on-chain Peckshield. Dalam unggahan di Twitter pada 26 Desember 2022, Peckshield menemukan pencurian jutaan dolar kripto tersebut menimpa sejumlah pengguna BitKeep.

Dalam laporannya, Peckshield menyebutkan aset yang dicuri termasuk 4373 BNB ($1,06 juta), $5,4 juta USDT, $196.000 DAI, dan 1233,21 ETH ($1,50 juta).

Tim BitKeep mengonfirmasi eksploitasi tersebut di akun Telegram resminya dan mengatakan bahwa peretas membajak beberapa unduhan APK oleh pengguna yang mengakibatkan dana mereka hilang.

BitKeep menambahkan bahwa pengguna yang dananya dicuri telah mengunduh versi aplikasinya yang tidak diketahui. Wallet tersebut menulis juga bahwa pengguna harus mentransfer dana mereka ke dompet yang diunduh dari sumber resmi seperti Google Play Store dan App store.

BitKeep lebih lanjut merekomendasikan agar penggunanya membuat alamat dompet baru karena peretas mungkin masih memiliki akses ke alamat yang dibuat melalui APK yang disusupi.

Dompet kripto tersebut juga meminta pengguna yang terkena peretasan untuk mengirimkan detail mereka dalam Google Form yang disusun tim BetKeep. Mereka menyatakan akan memberikan kompensasi penuh jika pencurian itu terbukti sebagai kesalahan platform.