Hard Fork Polygon Diklaim Bawa Dua Perubahan Besar

Share :

Portalkripto.com — Blockchain layer-2 Polygon siap melakukan V0.3.1 hard fork pada Selasa, 17 Januari 2023, hari ini. Upgrade di jaringan proof-of-stake tersebut diklaim bisa mengatasi dua masalah besar.

Pertama, mengurangi gas fee atau biaya transaksi di jaringan yang melonjak. Kedua, mengatasi masalah reorganisasi blockchain atau ‘reorg’ yang berdampak pada waktu finalisasi transaksi di jaringan.

Hard fork jaringan scalling solution Ethereum ini terjadi di blok 38.189.056 tanpa ada campur tangan entitas terpusat. Para validator jaringan juga dilaporkan sudah melakukan update noda sebelum hard fork.

Sebanyak 87% dari 15 voter di Polygon Governance Team memilih untuk meningkatkan fungsi BaseFeeChangeDenominator dari 8 menjadi 16 untuk mengurangi lonjakan gas fee. Biaya transaksi seringkali melonjak saat aktivitas dalam jaringan Polygon meningkat,

Gas fee di jaringan Polygon saat ini (biru) dibandingkan dengan estimasi gas fee setelah hard fork (merah). (sumber: Polygon).

Voter juga memilih untuk mengurangi fungsi SprintLength dari 64 blok menjadi 16 untuk memperbaiki masalah reorganisasi blockchain. Pengurangan SprintLength memungkinkan produsen blok untuk menambahkan blok secara terus menerus pada frekuensi 32 detik atau jauh lebih cepat dibandingkan dengan waktu saat ini di 128 detik.

“Perubahan ini tidak akan mempengaruhi waktu dan jumlah blok yang diproduksi validator, sehingga tidak akan ada perubahan dalam rewards,” ujar pengembang kepada Cointelegraph.

Reorganisasi blockchain terjadi ketika cabang rantai baru muncul dan menggantikan cabang lama sehingga transaksi yang telah dikonfirmasi sebelumnya harus dibatalkan atau diganti dengan yang baru. Reorganisasi harus dilakukan seefisien mungkin, karena meningkatkan risiko terjadinya 51% attack.

Pemegang token MATIC tidak perlau melakukan apapun dalam proses hard fork ini. Decentralized application (dApp) yang berjalan di atas jaringan Polygon juga tidak akan berdampak.

Akankah Hard Fork Polygon Berdampak pada Harga MATIC?

Hard fork ini merupakan tonggak baru bagi pengembangan Polygon dan token MATIC. Hard fork berpotensi mendorong kinerja jaringan serta menaikkan jumlah pengguna dan pengembang.

Permintaan token yang melonjak kemudian bisa memompa harga MATIC. Investor yang bullish bahwa tim Polygon bisa terus mengeluarkan fitur baru serta upgrade pengembangan anyar, juga bisa mendongkrak MATIC,

Namun jika terjadi sentimen ‘buy the rumour, sell the news’, maka bisa jadi MATIC kehilangan momentum pasca hard fork dan harga tidak mengalami kenaikan.

Menjelang hard fork, nilai MATIC sudah melonjak hingga 20% dalam sepekan terakhir. Menurut CoinMarketCap, MATIC kini diperdagangkan di harga $1.01 atau turun 1,65% dalam 24 jam terakhir.

Pergerakan harga MATIC dalam 24 jam terakhir. (Sumber Coinmarketcap)

Selain melakukan hard fork, Polygon juga melakukan banyak kerja sama, termasuk dengan Disney dan Reddit. Polygon juga meluncurkan inkubator web3 bersama Mastercard.