Harga Bitcoin Anjlok, Pemerintah El Salvador Rugi Rp541 Miliar

Share :

Portalkripto.com — El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sah pada 7 September tahun lalu. Di bulan yang sama, El Salvador membeli 150 Bitcoin dan 420 BTC lainnya di bulan Oktober.

Menurut data Bloomberg, El Salvador sudah mengeluarkan dana sebesar $103 juta untuk membeli Bitcoin. Pembelian tersebut dilakukan secara bertahap sejak kuartal keempat tahun lalu.

Namun akibat harga bitcoin yang turun ke titik terendahnya sejak Desember 2020, El Salvador yang memiliki 2.301 Bitcoin merugi hingga $37 juta atau sekitar Rp541 miliar. Aset Bitcoin yang dibeli EL Salvador senilai $103 juta kini hanya bernilai sekitar $65,6 juta.

Pembelian terakhir dilakukan pada 9 Mei 2022. Bukele menyerok 500 Bitcoin dengan harga total sekitar $15,3 juta (nilainya sekarang $14,1 juta).

Aksi Bukele ini mendapat kecaman dunia internasional karena El Salvador dinilai tidak transparan dalam pengeloaan bitcoinnya. Selain itu Bukele dituding menggunakan uang publik untuk proyeknya ini.

Terlepas dari berbagai kecaman dari pejabat AS dan IMF, Bukele tetap melanjutkan misinya untuk memperluas fungsi Bitcoin dalam meningkatkan perekonomian negaranya. Baru-baru ini meluncurkan proposalnya untuk “Kota Bitcoin.”

Bitcoin Berada di Titik Terendahnya

Bitcoin masih memperpanjang kerugiannya hingga mencapai $668 pada perdagangan Kamis siang, 12 Mei 2022. Level ini merupakan yang terendah sejak Januari 2021. Di mana sepanjang tahun 2021, harga terendah BTC berada di kisaran $28,915.

Ethreum mengalami nasib serupa setelah turun 15% dalam 24 jam ke level $2.005 untuk pertama kalinya sejak Juli 2021.

Dalam salah satu pekan terburuk dalam sejarah pasar kripto ini, bitcoin dan ethereum masing-masing telah kehilangan 28% dan 30% dari nilainya hanya dalam tujuh hari terakhir.


Jelajahi Artikel Lain:

Siapa Do Kwon, Pendiri Blockchain Terra Luna ?  

Bitcoin Belum Sentuh Harga Dasar, Analis: Aksi Jual Masih Berlanjut


Meski demikian, keduanya sejauh ini masih memimpin pasar. Bitcoin dan ethereum memiliki sekitar dua pertiga dari total nilai kapitalisasi pasar kripto.

Token lain juga mengalami kemerosotan yang sama. Terra LUNA telah kehilangan 99% harganya dalam sepekan terakhir setelah stablecoin UST kehilangan pasak. Harga ApeCoin turun sebesar dua per tiga dan Fantom merosot hingga 65%.

Kapitalisasi pasar kripto menyusut 12% selama 24 jam terakhir dan sekarang berada di $1,24 triliun, titik terendah tahun ini.

Krisis di dunia kripto juga terjadi secara paralel dengan penurunan harga saham. Saham Nasdaq dan Dow Jones Industrial Average masih menukik sejak bank sentral Amerika Federal Reserves menaikkan suku bunga.