Harga Ethereum Stagnan Usai Shanghai Upgrade, Berikut Outlook ETH, APE, dan ICP 13 April 2023

Share :

Portalkripto.com — Tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) bulan Maret yang diumumkan melalui Consumer Price Index (CPI) memicu volatilitas tinggi pada pasar kripto.

Bitcoin dan sebagian besar altcoin merespon positif terhadap hasil dari pengumuman CPI AS yang diumumkan pada 12 April pukul 19.30 WIB. Tingkat inflasi AS bulan Maret mengalami penurunan 1% untuk year-over-year (YoY), dan 0,3% untuk month-over-month (MoM).

Kandil harian Bitcoin ditutup hijau dengan penurunan sebesar 1,03%. ETH berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,46%, dan BNB harus ditutup merah setelah tiga hari ditutup positif, dengan penurunan sebesar 0,74%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa altcoin berhasil curi panggung setelah mencatatkan kenaikan harga yang cukup signifikan pagi ini, seperti WOO yang naik sebesar 6,34%, NEAR naik 8,48%, dan IMX melanjutkan tren positif dengan kenaikan sebesar 4,05%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami koreksi 0,37%, ditutup pada level $1,193 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,213 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,174 triliun.

Pelaku pasar kripto terlihat lebih berhati-hati menghadapi kondisi pasar saat ini. Hal tersebut terlihat dari Fear and Greed Index yang mengalami penurunan sebanyak empat poin, ditutup pada level 61 dengan kategori Greed.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari ETH, APE, dan ICP berdasarkan candle chart (1D).

ETH/USDT Binance

Harga ETH masih bergerak sideways usai Shanghai upgrade. Kandil harian ETH ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,46%. Volume perdagangan pada market spot Binance pair ETH/USDT meningkat dan ditutup diatas 20-day moving average (MA).

Kandil harian ETH pagi ini ditutup pada harga $1.917, dengan level tertinggi mencapai harga $1.933, dan level terendah mencapai harga $1.852.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH masih bergerak sideways setelah berhasil rebound pada penurunan harga yang terjadi pada tanggal 9 April.

Harmonic resistance yang merupakan ratio 1.618 dari fibonacci retracement pada level $1.948 menjadi penghalang yang harus di tembus. Breakout terhadap titik tersebut akan menjadi pemicu yang baik untuk kembali mendapatkan perhatian pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan harga ETH akan kembali menyentuh harga tertinggi pada penutupan kandil harian 14 Agustus di level $2.030.

Titik support terdekat ETH saat ini berada pada level $1.824 sebagai tahanan apabila pergerakan harga ETH kembali koreksi.

APE/USDT Binance

Volatilitas tinggi dirasakan oleh pergerakan harga APE pada penutupan kandil harian 12 April. Kandil harian APE diutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,59%.

Unusual activity terlihat pada penutupan volume perdagangan APE pada market spot Binance pair APE/USDT yang mengalami kenaikan signifikan berada jauh diatas 20-day MA.

Daily candle APE pagi ini ditutup pada harga $4,496, level tertinggi berada pada harga $4,750, dan level terendah berada pada harga $4,170.

APE/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga APE masih berada di dalam pola ascending triangle. Penutupan kandil harian berhasil breakout dinamis resistance pada 50-day EMA di level $4,423.

Jika pergerakan harga APE bertahan untuk berada di atas 50-day EMA, kemungkinan laju naik akan kembali retest resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 13 Maret di level $4,698.

Breakout titik resistance tersebut menjadi kunci untuk mendapatkan sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih tinggi. Jika hal tersebut terjadi, maka laju bullish APE berpotensi naik hingga harmonic resistance pada level $5,526.

Support yang tercipta pada penutupan kandil harian 2 April di level $4,074 menjadi tahanan terdekat apabila aharga APE kembali koreksi.

ICP/USDT Binance

ICP melanjutkan tren positif setelah berhasil breakout garis downtrend pada 10 April. Kandil harian ICP ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,28%.

Daily candle ICP pagi ini ditutup pada harga $5,397, level tertinggi berada pada harga $5,480, dan level terendah berada pada harga $5,125.

ICP/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penutupan kandil harian 12 April menjadi konfirmasi terhadap breakout dinamis resistance 50-day EMA yang terjadi pada 11 April. Hal terebut bisa menjadi sinyal positif untuk mempertahankan laju bullish saat ini.

Resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 14 Maret di level $5,775 menjadi target naik selanjutnya.

Laju bullish akan semakin bergairah apabila pergerakan harga ICP berhasil breakout titik resistance tersebut. Harga ICP berpotensi naik hingga menyentuh level $6,391-$6,827 jika kondisi itu terpenuhi.

Area support pada level $4,525-$4,753 masih menjadi tahanan yang cukup solid apabila pergerakan harga ICP kembali koreksi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.