Indeks DXY Kian Melemah, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan LTC, 10 Januari 2022

Share :

Portalkripto.com — Kenaikan harga yang diraskan oleh keseluruhan aset kripto berhasil mendorong naik total kapitalisasi pasar.

Kepercayaan diri investor terhadap Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan mengendurkan agresifitasnya terhadap inflasi menjadi dampak positif bagi perusahaan penambang Bitcoin. Hal tersebut terlihat dari saham perusahaan penambang Bitcoin yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

Perusahaan penambang Bitcoin seperti Riot Blockchain (RIOT), Hut8 (HUT), Bitfarms (BITF), Marathon Digital Holdings (MARA), mencatatkan kenaikan dua digit.

Indeks Dolar Amerika Serikat (DXY) mengalami penolakan, setelah usaha naik pada penutupan kandil harian 6 Januari ditutup merah. Penutupan kandil harian DXY pagi ini terlihat breakdown support terdekatnya pada level 103,448.

Penurunan kemungkinan masih terus berlanjut dengan target berada pada titik terendah pada penutupan kandil harian 30 Mei di level 101,297.

Bitcoin kembali meneruskan tren positif, dengan kenaikan sebesar 0,29%. ETH masih mendapatkan sentimen positif pelaku pasar jelang Shanghai upgrade, berhasil naik sebesar 2,34%. BNB harus ditutup merah, turun sebesar 0,84%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa altcoin berhasil curi panggung pada penutupan kandil harian pagi ini, seperti APT, yang berhasil melesat naik sebesar 32,54%, GALA kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 19,26%, dan SOL yang berhasil naik sebesar 12,73%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 1,09%, ditutup pada level $806,506 miliar, dengan level tertinggi berada pada $822,823 miliar , dan level terendah berada pada $795,453.

Sentimen pasar kembali membaik meskipun tidak signifikan. Fear and greed index naik 1 poin, ditutup pada level 26, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan LTC berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin kembali melanjutkan tren positif, setelah kandil harian pagi ini kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,29%. Penutupan kandil harian Bitcoin masih rawan koreksi, karena membentuk shooting star candlestick.

Volume perdagangan ditutup tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA), dan relative strength index (RSI) perlahan naik meninggalkan area netral, mengindikasikan tekanan beli masih kuat.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $17.178, level tertinggi berada pada harga $17.398, dan level terendah berada pada harga $17.104.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout 50-day exponential moving average (EMA) di level $17.114.

Jika aksi beli masih tinggi dan mampu mendorong kenaikan harga Bitcoin, maka support yang menjadi resistance pada level $17.622 menjadi target naik selanjutnya.

Dinamis support pada 20-day EMA di level $16.871 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga Bitcoin kembali mengalami koreksi.

Pergerakan harga Bitcoin terlihat membentuk double bottom pattern pada penutupan kandil harian 19 Desember dan 30 Desember. Kondisi tersebut menjadi pemicu adanya kenaikan harga saat ini.

ETH/USDT 1D Binance

ETH berhasil meneruskan laju naiknya. Kandil harian ETH kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 2,34%. Aksi beli kembali meningkat, hal tersebut terlihat dari penutupan volume yang tinggi, berada diatas 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.320, level tertinggi berada pada harga $1.344, dan level terendah berada pada harga $1.285.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH terlihat bullish setelah mengalami kenaikan pada 4 Januari. Naiknya harga tersebut berhasil menjadi pemicu yang baik untuk mendorong adanya kenaikan harga lebih lanjut.

Laju naik pada penutupan kandil harian pagi ini terlihat mendekati titik resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350.

Breaout terhadap titik tersebut menjadi kunci untuk bergerak naik lebih tinggi. 50-Day EMA di level $1.255 menjadi titik support sebagai tahanan terdekat apabila harga ETH koreksi.

BNB/USDT 1D Binance

BNB harus ditutup merah, setelah usaha untuk melanjutkan kenaikan tidak membuahkan hasil positif. Kandil harian BNB ditutup merah, dengan kenaikan sebesar 0,84%.

Aksi jual jual yang tinggi menjadi salah satu faktor tertahan-nya laju naik BNB. Hal tersebut terlihat dari penutupan volume yang tinggi, berada diatas 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $272,6, level tertinggi berada pada harga $283,5, dan level terendah berada pada harga $271,3.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB kembali bergairah setelah berhasil breakout falling wedge pattern yang merupakan lajur bearish-nya pada 4 Januari.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 September di level $298,6 merupakan target naik BNB saat ini.

Dinamis support pada 50-day EMA di level $265 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga BNB kembali mengalami koreksi.

LTC/USDT 1D Binance

LTC mampu melanjutkan tren positif, bergerak naik mendekati titik resistance. Kandil harian LTC kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 3,74%.

Naiknya harga tersebut didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day MA. RSI terlihat bullish, menyentuh area overbought, hal tersebut mengindikasikan adanya tekanan beli yang tinggi.

Daily candle LTC pagi ini ditutup pada harga $81,62, level tertinggi berada pada harga $83,61, dan level terendah berada pada harga $78,09.

LTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Laju bullish LTC dimulai ketika penurunan harga pada 19 Desember berhasil tertahan resistance yang berubah menjadi support di level $64,29.

Tidak hanya berhasil menahan laju turun, titik support tersebut berhasil membalikan arah harga dari turun menjadi naik.

Kenaikan harga LTC semakin bergairah ketika penutupan kandil 31 Desember berhasil breakout 20-day EMA sebagai dinamis resistance.

Resistance yang terbentuk pada penutupan kandil harian 23 November di level $83,66 menjadi titik yang harus di tembus untuk bergerak lebih tinggi. Target naik selanjutnya berada pada harmonic resistance pada level $89,93, apabila pergerakan harga LTC berhasil breakout.

Dinamis support pada 20-day EMA di level $74,28 menjadi tahanan terdekat LTC apabila pergerakan harga LTC kembali koreksi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.