Inflasi Prancis dan Spanyol Sentuh Titik Tertinggi dalam 40 Tahun Terakhir

Share :

Portalkripto.com — Tingkat inflasi di Amerika Serikat (AS) mungkin telah melambat.

CEO Tesla dan Space X, Elon Musk, beberapa hari lalu mengatakan inflasi diperkirakan telah mencapai puncaknya dan apa yang akan dihadapi selanjutnya adalah resesi yang tidak terlalu parah dari yang diperkirakan. Musk memperkirakan resesi akan berlangsung antara 12 dan 18 bulan. Setelah itu akan menuju periode baru pertumbuhan ekonomi.

“Kami mendapatkan wawasan yang baik tentang ke mana harga barang-barang bergerak dari waktu ke waktu. Inflasi akan turun dengan cepat,” katanya.

Namun demikian tidak di negara lain, khususnya di Eropa. Faktanya tingkat inflasi Prancis dan Spanyol menyentuh titik tertinggi dalam hampir empat dekade terakhir. Sejumlah pengamat menyatakan tingkat tersebut mengkhawatirkan. Tingkat inflasi di Spanyol dan Prancis masing-masing mencapai 10,8% dan 6,1%.

Apakah tingkat inflasi tersebut akan berimplikasi negatif pada industri kripto?

Tingkat inflasi tahunan Spanyol mencapai 10,8% pada bulan Juli, sedikit di atas ekspektasi pasar sebesar 10,6%. Data resmi menunjukkan bahwa angka tersebut adalah yang tertinggi sejak 1984.

Bank of Spain, dalam sebuah laporan baru-baru ini, menemukan inflasi sebagai salah satu masalah terbesar yang mengganggu negara itu. Akibatnya, gelombang pemicu ketidakstabilan institusional tidak dapat diredam.

Namun, inflasi berpotensi mendorong adopsi kripto di negaranya. Meskipun tingkat adopsi Spanyol jauh di belakang negara maju dan berkembang lainnya, popularitas kelas aset di negara tersebut berada dalam kurva yang meningkat.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Komisi Pasar Sekuritas Nasional (CNMV) memperkirakan bahwa hampir 7% orang dewasa Spanyol telah berinvestasi dalam kripto. Regulator Spanyol mensurvei 1.500 orang dewasa di negara itu untuk mengetahui kelompok mana yang telah mengalokasikan sebagian dana mereka ke pasar aset digital. Menariknya, orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini adalah orang-orang muda, berpendidikan, dan bergaji tinggi.

Otoritas Spanyol menganggap aset digital sebagai bentuk investasi legal. Secara bersamaan, keuntungan modal dari penjualan token ini dikenakan pajak dalam kisaran 19% hingga 23%

Prancis juga memiliki cerita serupa, dengan tingkat inflasi mencapai 6,1% pada bulan Juli atau yang tertinggi sejak 1985.

Ada ketidakpastian yang meningkat jika Bitcoin dan kripto, pada kenyataannya, terbukti menjadi nilai lindung yang efektif terhadap kenaikan harga. Namun, di tengah volatilitas yang intens dalam beberapa bulan terakhir, pelemahan euro dan penguatan dolar berpotensi menimbulkan masalah lain bagi Eropa.

Bitcoin dan kripto dapat menjadi jalan keluar dari bayang-bayang kekurangan gas, harga energi yang tinggi, dan resesi yang akan datang yang disebabkan oleh sistem keuangan saat ini. Namun, krisis energi yang terus berlanjut di Eropa mengancam pasar bearish yang berkepanjangan.

Masalah di atas akan semakin buruk jika Rusia menghentikan ekspor gasnya yang dapat mendorong negara-negara tertentu yang bergantung pada energi Rusia di kawasan itu masuk dalam krisis ekonomi yang lebih serius.