Investor Institusional Kembali Melirik Bitcoin Setelah Musim Belanja Altcoin

Portalkripto.com– Investor institusional nampaknya mulai kembali tertarik masuk ke Bitcoin. Padahal selama 8 minggu berturut-turut arus masuk dana institusional ke Bitcoin menurun. Mereka lebih tertarik belanja altcoin. 

Namun, kini mereka mulai bergeser untuk membeli aset digital Bitcoin. Berdasarkan data mingguan Arus Dana Aset Digital CoinShares terbaru , produk investasi BTC menghasilkan arus masuk senilai $68,7 juta antara 27 September dan 1 Oktober, mewakili peningkatan 36% dalam eksposur dari minggu ke minggu.

Sementara itu, total arus masuk untuk produk investasi digital keseluruhan sebesar $90 juta untuk minggu ini. Arus masuk tersebut menandai peningkatan eksposur terhadap aset digital.

Untuk produk altcoin, investor institusional mengambil sebagian besar produk Ethereum, dengan arus masuk sebesar $20,2 juta. Produk BTC dan ETH masing-masing naik sekitar 7,4% dan 3,2% untuk minggu ini.

LIHAT JUGA: Fundamental dan Analisa Harga dYdX, Buy Area di Mana?

Selain ETH, investor institusional pun masih tertarik untuk membeli Cardano (ADA) sebesar $ 1,1 juta dan Solana (SOL) $ 700 ribu. 

Meskipun, pada minggu terakhir arus masuk Solana mengalami penurunan. Permintaan institusional untuk Solana tampaknya telah mencapai titik terendah, dengan arus masuk ke produk SOL turun 98% sejak membukukan nilai tertinggi $38,9 juta lima minggu.

Sementara arus masuk ke Polkadot (DOT) dan Binance Coin (BNB) masing-masing turun $800.000. Dana multi-aset juga melihat arus masuk minimal sebesar $1,9 juta.

Menurut perkiraan CoinShares, manajer aset institusional saat ini mewakili aset gabungan yang dikelola (AUM) senilai $57,1 miliar gabungan – peningkatan mingguan sebesar 8,5%.

Grayscale terus mendominasi sektor ini, mewakili $41,1 miliar atau 71% dari total AUM sektor. CoinShares XBT dan dana Tujuan berada di peringkat kedua dan ketiga dengan AUM senilai $2,2 miliar dan $2,1 miliar masing-masing.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM