Kaleidoskop Kripto 2022: Dari Perang Rusia-Ukraina hingga Runtuhnya Terra Luna dan FTX

Share :

Portalkripto.com — Invasi Rusia ke Ukraina menjadi salah satu faktor fundamental yang mempengaruhi industri kripto sepanjang 2022 dan imbasnya masih akan terasa di tahun-tahun mendatang.

Pada 2020 Kementerian Transformasi Digital Ukraina sudah menyiapkan regulasi untuk menjadikan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah dan penggunaan teknologi blockchain untuk memangkas birokrasi dan menciptakan transparansi.

Namun rencana menuju masa depan itu untuk sementara buyar akibat serangan Rusia. Ketimbang mubazir, regulasi yang sudah disiapkan akhirnya digunakan untuk mendapatkan sumbangan kripto dari luar negeri.

Di sisi lain bagi Rusia sendiri, mata uang kripto digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam transaksi perdagangan lintas negara untuk menghindari sanksi barat, imbas dari invasi. Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan adanya sistem pembayaran internasional berbasis blockchain yang lebih independen. Pernyataan ini merupakan kritik terhadap monopoli sistem keuangan global oleh Barat.

Dari kedua perspektif ini, perang Rusia-Ukraina bisa disebut sebagai konflik bersenjata besar pertama yang melibatkan mata uang kripto. Perbedaan utilitas ini juga akan menjadi katalisator untuk mempercepat dan menemukan mekanisme yang tepat dalam mengatur aset kripto untuk tujuan bersama.

Setelah perang Rusia-Ukraina yang dampaknya masih terasa hingga sekarang, runtuhnya Terra Luna membuat pasar kripto terperosok lebih dalam ke crypto winter. Imbasnya sejumlah perusahan kritpo besar menyatakan bangkrut yang disertai pemecatan massal.

Di kuartal terakhir, pasar kripto kembali diwarnai oleh salah satu peristiwa jahanam paling berdampak: keruntuhan FTX. Kedekatan ex CEO FTX dengan Gedung Putih dan sosoknya yang dicitrakan oleh satu media ternama di Amerika Serikat sebagai pribadi yang bersih membuat perkembangan kasus ini semakin menarik.

Meski sentimen fear, uncertainty, and doubt (FUD) menghantui sepanjang tahun 2022, masih ada kabar optimistik bagi komunitas kripto. Misalnya, beberapa platform blockchain melakukan upgrade jaringan untuk memaksimalkan pelayanannya.

Pasar kripto 2022 yang bearish ini memang tidak dapat disangkal, tetapi banyak pengamat dan pelaku industri yang percaya bahwa kondisi ini adalah aksi bersih-bersih dari pemain kotor dan menciptakan peluang yang lebih besar bagi pelaku lainnya saat sentimen bullish kembali.

Berikut adalah kaleidoskop kripto 2022 yang dirangkum oleh tim redaksi portalkripto.com.

JANUARI

Sejak menyentuh harga tertinggi sepanjang masa (ATH) di 10 November 2021 di harga $68,789, Bitcoin meneruskan performanya yang melesu di pembuka tahun 2022.

Berdasarkan data historical snapshot dari Coinmarketcap, harga Bitcoin per 1 Januari 2022 berada di $47,686, turun 5,44% dalam sepekan terakhir. Sementara Ethereum di hari yang sama di harga $3,769, turun 7,91% 2,36 dalam satu pekan.

Kondisi geopolitik dunia mulai memanas, saat Rusia menarik semua pejabat diplomatiknya dari Ukraina. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mulai mengerahkan pasukannya secara besar-besaran ke perbatasan kedua negara. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menduga Rusia akan melakukan serangan besar-besaran.

FEBRUARI

Artis dan eks anggota DPR Anang Hermansyah merilis proyek kripto yang dinamai ASIX. Token yang dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain tersebut mulai diperdagangkan di bursa terdesentralisasi (DEX) sejak 30 Januari 2022.

Berdasarkan chart perdagangan di bursa terdesentralisasi dextools.io, harga publik token tersebut berada di kisaran Rp0,14. Sejak dirilis harga token tersebut anjlok sekitar 63%. Harga ASIX pada perdagangan hari ini, 26 Desember 2022, di CoinGecko berada di level Rp0,00009516.

Kamis, 24 Februari 2022, kondisi politik yang dikhawatirkan di benua Eropa akhirnya pecah saat Rusia menginvasi Ukraina. Pasar kripto langsung bereaksi negatif turun 9,66 % dalam 24 terakhir dengan kapitalisasi pasar merosot ke $1,57 triliun. Harga Bitcoin turun 8,12 % dalam 24 terakhir dan diperdagangkan di $35,082.

Dua hari setelah Ukraina dihujani rudal dan bom, presiden Volodymyr Zelenskyy secara resmi mengumumkan negaranya menerima bantuan dalam bentuk mata uang kripto. Di hari itu, bantuan mengalir deras sejumlah US$100 juta. Salah satunya dari oleh co-founder Gavin Wood yang menyumbang US$5,8 juta.

Invasi Rusia ini juga membuat Uni Eropa mengentikan impor gas dari Rusia yang berdampak pada penambangan bitcoin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kota Bucha yang hancur dibom pasukan Rusia.

Di akhir bulan. salah satu klub sepak bola terbesar di Indonesia Persib Bandung menjalin kerja sama dengan perusahaan game berbasis blockchain Liberty Gaming Guild (LGG). LGG adalah platform game play to earn (P2E) atau GameFi (Game berbasis Blockchain + Non-Fungible Token | NFT) yang diintegrasikan ke dalam sistem game.

MARET

Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed merilis suku bunga 0,25 basis poin yang diputuskan dalam rapat FOMC 16 dan 17 Maret 2022. FOMC menyatakan perang Rusia dan Ukraina sebagai indikator utama yang akan memicu inflasi dan menurunnya kegiatan ekonomi.

Pengumuman suku bunga The Fed ini direspon positif oleh industri kripto. Harga Bitcoin langsung naik ke level $41.000.

Yoon Suk-yeol terpilih sebagai presiden Korea Selatan. Dia dikenal sebagai politikus yang pro terhadap industri kripto. Korsel sendiri merupakan salah satu negara di Asia yang menjadi pusat industri kripto. Selain pasar yang cukup besar, Korsel memilki proyek dan blockchain yang baik, seperti Terra dan lain-lain. Di tahun 2021, investor dan trader crypto di Korsel jumlahnya hampir menyalip pelaku di bursa saham.

Token BotX milik Indra Kens secara tiba-tiba melonjak lebih dari 300% dalam beberapa kurun waktu satu hari saja. Berdasarkan chart di Indodax, proyek token tersangka kasus penipuan binary option tersebut mulai naik sejak 17 Maret 2022. Kenaikan harga ini dinilai sangat drastis. Mengingat sebelumnya aset kripto BotX berada pada fase sideways yang berkepanjangan.

APRIL

Di awal bulan, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menetapkan influencer Indra Kenz sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan investasi binary option melalui aplikasi Binomo.

Aset kripto Terra Luna menyentuh harga tertinggi sepanjang masa (ATH) pada 5 April 2022 di $119. Luna menjadi perhatian khusus sepanjang 2022 karena keruntuhannya pada awal Mei 2022 berdampak besar terhadap industri kripto.

CEO Tesla, Elon Musk, membeli 9,1% saham Twitter dan menjadikannya sebagai pemegang saham terbesar. Ini merupakan langkah awal Musk sebelum menjadi penguasa tunggal di Twitter dengan membeli platform tersebut di Oktober

Pada 25 April, Republik Afrika Tengah (RAT) menjadi negara kedua di dunia setelah El Salvador yang menerima Bitcoin sebagai mata uang legal. Latar belakang keputusan menerima Bitcoin sebagai mata uang legal karena kondisi ekonomi RAT tengah terpuruk dan perlu diselamatkan. Dalam UU yang mengaturnya, disebutkan juga sejumlah hal yang dapat dimanfaatkan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi. Misalnya Smart Contract dapat diterapkan dalam pemerintahan sehingga membuat kinerja birokrasi semakin cepat dan transparan serta memangkas biaya

Data Chainalysis menunjukkan Amerika Serikat sebagai negara teratas yang memperoleh pendapatan dari aset kripto sebesar $46,5 miliar sepanjang 2021. Sementara Indonesia $731 juta.

MEI

Indonesia resmi memberlakukan Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi investor dan pedagang aset kripto, pada 1 Mei 2022. Ketentuan pajak ini tercatat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PKM.03/2022.

PPN yang dikenakan untuk transaksi aset kripto sebesar 1% dari nilai transaksi (untuk exchange terdaftar di Bappebti), 2% dari nilai transaksi (untuk exchange tidak terdaftar), dan 10% dari hasil penambangan dan block reward (untuk mining pool).

Sementara PPh yang dikenakan untuk hasil penjualan aset kripto sebesar 0,1% jika transaksi di exchange terdaftar di Bappebti, 0,2% jika transaksi di exchange tidak terdaftar, dan 0,1% dari penghasilan penambangan kripto.

The Federal Reserve untuk kedua kalinya menaikkan suku bunga acuan di tahun ini dalam Federal Open Market Meeting (FOMC) meeting, 4-5 Mei 2022. Kenaikan yang mencapai 50 basis poin membuat tingkat suku bunga merangkak ke level 0,75%-1,00%.

Sempat bullish di momen ini, Bitcoin harus menyerah dengan breakdown ke bawah titik psikologis $30.000.

Salah satu pendiri Terra Luna, Do Kwon.

Mei menjadi jurang pertama yang membuat pasar kripto terperosok jauh ke dalam crypto winter tahun ini. Pemicu utamanya adalah depegging stablecoin TerraUSD (UST) dari dolar AS yang dimulai pada 9 Mei 2022.

UST adalah stablecoin algoritmik berpasak 1:1 dengan dolar AS yang nilainya distabilkan oleh penggunaan token asli Terra, LUNA. LUNA memainkan peran penting dalam menjaga harga stablecoin UST dan mengurangi volatilitas pasar agar tetap stabil.

Saat UST mengalami depegging, dampaknya tak hanya dirasakan oleh LUNA yang ikut terjun bebas, tetapi juga oleh investor. Meski pendiri Terraform Labs Do Kwon dan Luna Foundation Guard (LFG) terus ‘menabung’ Bitcoin sebagai cadangan UST, stablecoin itu tetap ambruk hingga hampir nol.

Harga Bitcoin ikut tertarik jauh. Pada 9 Mei, untuk pertama kalinya harga Bitcoin berada di bawah $30.000 sejak mencapai ATH pada November 2021. Padahal beberapa pakar meramalkan kripto tertua di dunia ini bisa mencapai $100.000 pada 2022.

Ada beberapa versi penyebab merosotnya nilai UST secara drastis. Pada 20 Juni, perusahaan analisis blockchain asal Korea Selatan, Uppsala Security, menyebut ada wallet-wallet yang berkaitan dengan Terraform Labs yang melakukan aksi jual UST dalam jumlah besar. Jika benar, maka aksi ini sama dengan aksi ‘bunuh diri’ Terra.

Namun, ada dugaan lain yang muncul. Perusahaan analitik blockchain Nansen pada 29 Juni 2022 menyebut depegging stETH terhadap ETH memiliki andil dalam menggoyang harga UST. stETH sudah berada dalam harga diskon terhadap ETH sebelum Terra ambruk.

Terakhir, tudingan mengarah kepada pendiri exchange kripto FTX, Sam Bankman-Fried, yang disebut memiliki andil dalam mengendalikan harga UST/LUNA demi kepentingan FTX. Menurut New York Times, insiden depegging UST dipicu oleh aksi jual UST yang diduga berasal dari FTX.

Mendengar hal ini, Do Kwon bagai memiliki senjata untuk melempar kesalahannya dalam menghilangkan $44 miliar dana investor Terra, ke tangan Bankman-Fried. Do Kwon masih tak diketahui rimbanya sejak otoritas Korea Selatan membuka penyelidikan. Terakhir ia dilaporkan berada di Serbia.

Tak menyerah, Do Kwon dan Terraform Labs akhirnya resmi melakukan hardfork atau membagi blockchain Terra menjadi dua, pada 28 Mei 2022, setelah mendapat persetujuan dari mayoritas anggota komunitas. Terra 2.0 dengan token LUNA baru ini tidak akan terkait dengan stablecoin algoritmik.

Blockchain Terra yang lama berubah menjadi Terra Classic dengan token Luna Classic (LUNC). Stablecoin UST juga berubah menjadi UST Classic (USTC).

Token LUNA baru disebar melalui airdrop ke pemegang LUNC, pemegang USTC, dan pengembang penting dari blockchain Terra Classic.

Namun, LUNA tampaknya tak bisa menyaingi kejayaan LUNC. Sempat diperdagangkan di $9, nilai LUNA kini sudah turun 85%. Sementara LUNC dan USTC yang pernah masuk daftar 10 kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, juga tak pernah kembali ke nilai semula.

JUNI

Setelah bekerja sama dengan perusahaan game berbasis blockchain, Persib mengumumkan akan meluncurkan fan token hasil dari kerja sama dengan platform fans engagement berbasis blockchain, Socios.com. Klub sepak bola asal Bandung ini menjadi klub Indonesia pertama yang memiliki fan token.

Fan token adalah salah aset kripto yang memungkinkan pemegangnya mengakses berbagai fasilitas keanggotaan klub kesayangan mereka, seperti ikut memberikan suara pada pengambilan keputusan klub, mendapatkan merchandise, dan merasakan pengalaman menonton pertandingan di kelas VIP.

Persija Jakarta kemudian menyusul sebagai tim sepak bola kedua di Indonesia yang siap meluncurkan fan token pada 26 Juni 2022. Kedua tim ini merupakan klub sepak bola profesional yang memiliki basis komunitas digital terbesar di Asia.

Hancurnya ekosistem Terra mulai memiliki efek domino terhadap pasar. Beberapa perusahaan kripto besar melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal karena krisis keuangan.

Pada Juni tahun ini, entitas yang merumahkan karyawan dalam jumlah besar di antaranya pemberi pinjaman kripto BlockFi, exchange Crypto.com, dan exchange Coinbase. Namun, sebenarnya perusahaan kripto yang melakukan penyusutan karyawan berjumlah lebih dari itu.

Pada 14 Juni 2022, BlockFi mengurangi jumlah karyawan sebanyak 20% atau sekitar 200 orang. CEO BlockFi Zac Prince menyebut pemecatan ini untuk mendorong efisiensi operasional dan profitabilitas perusahaan.

BlockFi merupakan salah satu perusahaan paling moncer pada bull market 2021 dengan valuasi $5 juta. Namun, setelah dua kali mengalami krisis likuidasi yang parah tahun ini, perusahaan tersebut akhirnya bangkrut pada 28 November 2022.

Nasib Crypto.com tak jauh berbeda. Exchange ini terpaksa mengakhiri kontrak sekitar 260 karyawan. CEO Crypto.com Kris Marszalek mengatakan, kebijakan ini dibuat demi memaksimalkan profitabilitas dan pertumbuhan jangka panjang perusahaannya dalam gejolak pasar saat ini.

Coinbase ikut masuk ke jurang PHK. Tak tanggung-tanggung, exchange terbesar di Amerika ini memecat 1.100 pegawainya.

CEO Coinbase Brian Armstrong mengatakan perusahaannya tumbuh terlalu pesat dalam 1,5 tahun terakhir dan jumlah karyawannya bertambah empat kali lipat dalam rentang 18 bulan. Hal itu berdampak pada pengeluaran yang lebih besar dan kinerja yang kurang efektif.

Di pertengahan Juni, The Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin dalam Federal Open Market Committee (FOMC) meeting, 15-16 Juni 2022. Kenaikan ini menjadi yang tertinggi sejak 1994.

Keputusan tersebut membawa tingkat suku bunga ke kisaran 1,5%-1,75% atau tertinggi sejak pandemi dimulai pada 2020. Kenaikan suku bunga ini dilakukan untuk menekan inflasi Mei yang mencapai 8,6%.

JULI

Perusahaan pengelola dana investasi kripto, Three Arrow Capital (3AC), mengajukan kebangkrutan ke Pengadilan Distrik Selatan New York, pada 1 Juli 2022. Kebangkrutan 3AC cukup mengejutkan mengingat perusahaan berbasis Singapura ini dilaporkan mengelola dana investasi sebesar $10 miliar per Maret 2022.

Krisis keuangan 3AC terjadi setelah dana senilai $200 juta milik perusahaan itu lenyap bersama dengan ambruknya stablecoin UST. Sebulan sebelum bangkrut, 3AC dilaporkan melikuidasi aset sebesar $400 juta.

Tekanan semakin besar setelah platform trading aset kripto, Voyager Digital, menangguhkan layanan penarikan aset yang dikelola 3AC karena perusahaan yang didirikan pada 2012 itu belum membayar utang sebesar $646 juta. 3AC juga gagal memenuhi margin call perusahaan lain, seperti Genesis dan Blockchain.com, sebesar $35 miliar.

Meski keruntuhan 3AC berdampak luar biasa terhadap industri kripto bahkan hingga berbulan-bulan kemudian, pendirinya Kyle Davies dan Su Zhu memilih untuk melarikan diri. Keduanya bagai ditelan bumi, hanya akun Twitter pribadinya saja yang masih aktif berkomentar tentang kripto.

Laporan terakhir menyebut, Su Zhu sudah menjalani kehidupan baru di Bali.

‘Tertular’ 3AC, exchange kripto Voyager Digital resmi mengajukan kebangkrutan ke Pengadilan Selatan New York, pada 5 Juli 2022. Voyager mengalami krisis likuiditas setelah terdampak kehancuran Terra, ditambah 3AC gagal membayar utang.

Dari total $1,3 miliar dana nasabah yang terdampak, Voyager dilaporkan hanya mampu membayar 50%. Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan tersebut menawarkan asetnya kepada perusahaan-perusahaan kripto lain.

Pada awalnya Alameda Research, perusahaan trading derivatif milik Sam Bankman-Fried, dilaporkan siap mengakuisisi. Namun, setelah Alameda bangkrut, Binance US maju dengan penawaran kesepakatan akuisisi $1,022 miliar.

Kehancuran Terra memakan tiga korban hanya dalam waktu dua pekan. Korban ketiga ialah platform pemberi pinjaman kripto, Celsius, yang terpaksa mengajukan kebangkrutan Bab 11 ke Pengadilan AS di Distrik Selatan New York, pada 13 Juli 2022.

Celsius mengibarkan bendera putih dengan menyisakan uang tunai hanya sebanyak $167 juta untuk mendukung operasionalnya. Platform ini telah menghentikan aktivitas jaringan, mulai dari penarikan, penukaran, hingga transfer, pada 12 Juni 2022.

Celsius merupakan salah satu ‘pemain besar’ di dalam platform pinjaman kripto yang telah mengeluarkan lebih dari $8 miliar pinjaman kepada klien dan mengelola aset sebesar $12 miliar pada Mei lalu. Secara teori, Celsius beroperasi seperti bank biasa, hanya saja menggunakan mata uang kripto.

Perusahaan ini menawarkan pinjaman dan simpanan dengan persentase imbal hasil tahunan sebesar 18,63% pada deposito kripto. Celsius mengklaim memiliki 1,7 juta pelanggan saat menyatakan bangkrut.

CEO Celcius Alex Mashinsky menyatakan mundur dari jabatannya pada 27 September 2022.

Produsen kendaraan listrik Tesla menjual 75% cadangan Bitcoin (BTC) pada kuartal kedua 2022. Informasi ini diumumkan Tesla dalam laporan keuangan Q2 2022 yang dirilis 20 Juli 2022.

Meski dijual saat kondisi pasar sedang bearish, perusahaan masih mengantongi keuntungan yang direalisasikan sebesar $64 juta atau setara dengan kurang lebih Rp958 miliar. Tesla saat ini masih menyisakan 10.800 BTC di neracanya.

Sebelumnya, Tesla juga pernah menjual 10% cadangan BTC-nya pada Maret 2021 yang menghasilkan laba bersih $128 juta.

Perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini mulai menginvestasikan asetnya ke Bitcoin sejak Februari 2021. Saat itu Tesla membelanjakan uangnya sebesar $1,5 miliar dan mengantongi 42.000 BTC dengan pembelian di level harga rata-rata $32.000.

Amerika Serikat disebut resmi memasuki resesi setelah laporan Bureau of Economic Analysis (BEA) AS menyatakan, produk domestik bruto (PDB) negara itu turun sebesar 0,9% di kuartal kedua 2022. PDB AS juga diketahui turun sebesar 1,6% dalam kuartal pertama tahun ini.

Pertumbuhan PDB yang negatif dalam dua kuartal berturut-turut dianggap sebagai sinyal bahwa perekonomian AS sudah memasuki resesi. Kondisi ini diperburuk dengan melonjaknya inflasi AS yang mencapai level tertinggi dalam 40 tahun terakhir, yakni 9,1%, pada Juni.

Menghadapi situasi ini, pada 27 Juli, The Fed kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin. Tingkat suku bunga AS pada periode ini mencapai 2,25% hingga 2,5%.

Exchange kripto Zipmex resmi mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan (bankruptcy protection) di bawah Pasal 64 UU Kepailitan, Restrukturisasi, dan Pembubaran Singapura tahun 2018. Dokumen permohonan ini diajukan pada Rabu, 27 Juli 2022, oleh kantor hukum Morgan Lewis Stamford LLC.

Di bawah UU Singapura, perusahaan yang mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan secara otomatis mendapatkan moratorium. Dengan demikian, Zipmex bisa terbebas dari gugatan pihak ketiga terkait kondisi keuangan yang dialami hingga April 2023.

Zipmex diketahui resmi menangguhkan penarikan di platformnya pada 20 Juli 2022 lalu, dan langsung beroperasi kembali sehari setelahnya. Tak lama kemudian, Zipmex mengaku telah memberikan pinjaman $53 juta ke dua platform bermasalah, yakni Babel Finance dan Celsius, yang membuat keuangannya terguncang.

Zipmex memiliki wilayah operasi di sejumlah negara Asia, di antaranya Thailand, Indonesia, Singapura, dan Australia. Perusahaan ini pernah mengklaim platformnya memilki volume transaksi kotor lebih dari $1 miliar sejak diluncurkan pada akhir 2019.

Zipmex dilaporkan sedang dalam proses akuisisi senilai $100 juta oleh perusahaan modal ventura V Ventures.

AGUSTUS

Jaringan Solana diretas pada 3 Agustus pagi dengan kerugian mencapai $8 juta. Pelaku peretasan menguras dana dari ribuan pemilik wallet Phantom dan Slope.

Solana Foundation menyatakan, celah peretasan berasal dari Slope. Namun, aksi ini hanya menyasar aplikasi mobile-nya, sementara pengguna hardware wallet Slope tetap aman.

Diduga Slope telah memasukkan seed phrase pengguna ke server terpusatnya. Server itu bisa saja disusupi sehingga seed phrase itu bocor dan digunakan oleh peretas untuk mencuri kripto pengguna.

Di minggu kedua Agustus, layanan pencampuran kripto, Tornado Cash, resmi masuk daftar hitam dan dilarang beroperasi di Amerika Serikat (AS). Larangan itu dikeluarkan oleh Office of Foreign Assets Control (OFAC), lembaga yang mengawasi pelanggaran aset asing.

Seluruh warga negara dan perusahaan di AS dilarang berinteraksi dengan Tornado Cash dan 44 alamat wallet Ethereum dan USDC yang terkoneksi dengan protokol itu. Jika ada yang melanggar, maka akan dihadapkan dengan denda $50.000 hingga $10.000.000 dan hukuman 10 sampai 30 tahun penjara.

Tornado Cash selalu dimanfaatkan oleh Lazarus Group, kelompok peretas Korea Utara, untuk menghilangkan jejak pencurian kripto yang mereka lakukan. Salah satu peretasan terbesarnya menargetkan Ronin Bridge dari Axie Infinity pada Maret lalu, yang menyebabkan kerugian hingga $625 juta.

Kolektor nonfungible token (NFT) kini dapat mengunggah NFT di akun Facebook dan Instagram pribadi melalui wallet kripto mereka, mulai 29 Oktober 2022. Integrasi ini berlaku di 100 negara yang tersebar di Afrika, Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika.

Platform wallet yang resmi digunakan adalah Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet. Sementara blockchain yang mendukung integrasi tersebut saat ini di antaranya Ethereum, Polygon, dan Flow.

Ketika NFT diunggah di Instagram atau Facebook, artis dan pemilik NFT akan secara otomatis ditandai (tagged). Proses pengunggahan ini tidak dikenai biaya.

SEPTEMBER

Pada 15 September, upgrade Ethereum 2.0, The Merge, meluncur. Salah satu agenda utamanya ialah perpindahan mekanisme validasi transaksi dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) untuk meningkatkan skalabilitas dan membuat jaringan ini lebih hemat energi dengan mekanisme staking.

Bukan cuma Ethereum, jaringan blockchain layer 1 lainnya, Cardano, juga melakukan upgrade di bulan yang sama. Pada
22 September, Cardano melakukan Vasil Hard Fork yang bertujuan meningkatkan kemampuan smart contract Cardano melalui Plutus V2 untuk mempercepat transaksi dan mengurangi biaya.

Peristiwa lain yang juga tak kalah penting adalah kebangkrutan perusahaan penambangan Bitcoin raksasa Compute North pada 24 September. Compute North bangkrut lantaran profitabilitas penambangan yang rontok akibat krisis energi dan harga Bitcoin yang jatuh.

Terbang jauh ke Tanah Air, ada kabar peluncuran Fan Token Offering (FTO) Persib pada 27 September. Pada 29 September, Presiden Jokowi berpidato tentang resesi, mengatakan 2023 “akan gelap”. Narasi resesi ini kemudian diamplifikasi oleh banyak media yang juga memicu pertanyaan tentang potensi dan risiko investasi kripto.

OKTOBER

Oktober menurut data Chainalysis jadi bulan dengan eksploitasi peretasan kripto tertinggi sepanjang 2022. Tahun 2022 juga jadi tahun dengan tingkat peretasan tertinggi. Petasan termasuk terhadap Binance yang dijebol dengan kerugian ditaksir lebih dari $500 juta. Kerugian peretasan di 2022 lebih dari $3 miliar.

Pada 18 Oktober, ada mainnet blockchain layer 1 Aptos yang dijuluki sebagai ‘Solana Killer’. Pada 28 Oktober, ada kabar Elon Musk yang resmi mengakuisisi Twitter diikuti dengan pumpingnya harga Dogecoin.

NOVEMBER

Ex CEO FTX, Sam Bankman-Fried.
Ex CEO FTX, Sam Bankman-Fried.

Bulan November menjadi salah satu bulan tersibuk sepanjang caturwulan penutup 2022. Sumbu pemicu utamanya adalah krisis FTX yang dimulai dengan aksi likuidasi token FTT sejak 6-7 November yang berujung pengajuan kebangkrutan perusahaan tersebut pada 11 November.

Parade keruntuhan FTX ini berbuntut panjang. Selain harga koin-koin kripto yang semakin anjlok, sentimen FUD kembali menguat gara-gara FTX bangkrut. Sam Bankman-Fried (SBF) juga mencuri panggung dengan sirkus curhatan Twitter, tur wawancara media AS, hingga ditangkap lalu dilepaskan kembali. Bumbu lain dari drama FTX adalah dugaan peretasan FTX di tengah proses kejatuhan, kebangkrutan BlockFi, dan parade Proof-of-Reserves (PoS) alias bukti cadangan aset milik bursa.

Di tanah air, muncul kabar intermezzo yang lumayan bikin segar. Pada pertengahan bulan, CTO Indodax, William Sutanto, menemukan harta karun 500 ETH dari email lawas.

Jelang akhir November ke Desember, ada hajat Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebelumnya hajat bola terbesar di kolong jagat ini diprediksi membawa angin segar buat pasar kripto, tapi urung kejadian karena skandal FTX.

Beberapa token proyek kripto olahraga seperti Chiliz, Crypto.com, dan Algorand harganya susut. Crypto.com yang iklannya menteng di Piala Dunia bahkan bikin skandal salah mengirim 320 ETH ke burasa Gate.io di momen-momen Gate.io mempublikasikan snapshot hasil audit reserves.

Pada Bank 30 November Indonesia (BI) meluncurkan Whitepaper Central Bank Digital Currency (CBDC) Digital Rupiah. Whitepaper ini menjadi pedoman implementasi Rupiah sebagai centralized digital currency yang diterbitkan otoritas bank sentral.

DESEMBER

Di bulan Desember ada banyak berita dari industri kripto dan keuangan lokal. Pada 19 Desember, TokoCrypto resmi diakuisisi Binance. Pejabat pucuknya diganti, karyawannya dikurangi. Bos Binance, Changpeng Zhao (CZ) juga sempat menyentil kebijakan pajak kripto di Indonesia. Dia bilang, setelah pajak diterapkan pada bulan Mei, pendapatan dan volume perdagangan bursa di Indonesia berkurang.

Binance juga kena sentimen FUD. Salah satunya dipicu pembukaan kembali kasus dugaan pelanggaran UU anti pencucian uang. Setelah itu, auditor yang mengonfirmasi cadangan Bitcoin mereka, Mazars, memutuskan kerja sama. Mazars juga memutus kerja sama audit dengan KuCoin dan Crypto.com.

Digital Currency Group (DCG) yang merupakan perusahaan besar kripto pemilik Grayscale, Genesis, dan CoinDesk dikabarkan terkena paceklik. Selain itu ada juga depegging USDN yang bikin stablecoin algoritmik ini ditendang dari beberapa bursa. Waves yang jadi kolateral USDN kena imbas. Harganya ikut rontok.

Lebih lanjut, ada juga pengesahan UU PPSK atau Omnibus Law Keuangan yang bikin kripto ada di bawah pengawasan OJK. Belum jelas mekanisme dan kewenangannya seperti apa. Belum jelas juga apa konsekuensinya buat posisi aset kripto. Sebelumnya ada diskursus yang memandang kalau sampai kripto diawasi OJK dan BI, ada kemungkinan kripto dapat ditafsirkan sebagai ‘mata uang’. Pemerintah sejauh ini memposisikan kripto sebagai ‘komoditas’ atau aset berjangka. Kemungkinan kripto diadopsi jadi mata uang ini nampaknya masih jauh dari kemungkinan untuk direalisasikan.

Satu lagu, perusahaan penambang Bitcoin raksasa lain Core Scientific dilaporkan mengajukan kebangkrutan. Kabar Core Scientific ini bisa jadi merupakan kabar seram penutup yang menyudahi periode berdarah-darah industri kripto sepanjang tahun 2022.