Kandil Mingguan Kembali Ditutup Hijau, Berikut Analisa Pergerakan Harga BTC, ETH dan BNB dalam Sepekan

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto kembali bergairah setelah kandil mingguan pagi ini kembali ditutup hijau. Hal tersebut terjadi karena keseluruhan aset kripto mengalami penguatan harga lebih lanjut.

Sidang kasus kebangkrutan Genesis akan diselenggarakan pada 23 Januari. Sidang tersebut akan dipimpin oleh Hakim Sean H. Lane dari Pengadilan Kebangkrutan Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York.

Genesis masih bisa melanjutkan operasional bisnis meskipun sudah mengajukan kebangkrutan Bab 11. Hal tersebut dikatakan oleh Mark Pfeiffer, seorang pengacara dari firma hukum Bichanan Ingersoll & Rooney, dilansir dari Cointelegraph.

Republik Afrika Tengah dikabarkan tengah mengerjakan kerangka hukum yang memungkinan cryptocurrency beroprasi di negara tersebut, dengan tujuan untuk mempercepat perkembangan ekonomi nasional. Negara tersebut membentuk komite yang beranggotakan 15 orang untuk menyusun undang-undang penggunaan cryptocurrency dan tokenisasi di negara tersebut.

Bitcoin mampu meneruskan tren positif, dengan mencatatkan kenaikan sebesar 8,79% pada penutupan kandil mingguan. ETH mengalami hal serupa, ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 4,83%, dan BNB masih terlihat sideways, hanya mampu naik tipis sebesar 0,33%.

Weekly Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa altcoin berhasil memanfaatkan momen positif tersebut dengan mencatatkan kenaikan yang tinggi, seperti APT, yang berhasil menarik perhatian pelaku pasar, setelah mengalami kenaikan harga sebesar 67,85%. AXS terbang tinggi, mencatatkan kennaikan sebesar 35,34%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali menguat, naik sebesar 5,61%, ditutup pada level $991,332, dengan titik tertinggi berada pada level $1,018 triliun, dan titik terendah berada pada level $905,046 miliar.

Sentimen pasar kripto masih terlihat stabil dengan kondisi pasar yang cenderung sideways setelah mengalami kenaikan harga. Fear and greed index ditutup pada level 50, dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, dan BNB dalam sepekan.

BTC/USD 1W Coinbase

Bitcoin berhasil meneruskan tren positif, setelah kandil mingguan ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 8,79%. Volume perdagangan pada market spot Coinbase pairs BTC/USD ditutup tinggi, diatas 20-week moving average (MA).

Weekly candle BTC pagi ini ditutup pada harga $22.714, level tertinggi berada pada harga $23.375 dan level terendah berada pada harga $20.370.

BTC/USD weekly chart Coinbase. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin terlihar breakout ascending line dan resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil mingguan 31 Oktober di level $21.478.

Laju bullish Bitcoin saat ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan harga pada minggu ini. Dinamis resistance pada 200-week exponential moving average (EMA) dan resistance yang terbentuk pada penutupan kandil mingguan 8 Agustus di level $25K menjadi target naik selanjutnya.

Penurunan harga dan naiknya relative strength index (RSI) pada periode 13 Juni 2022 hingga penutupan kandil mingguan 21 November 2022 membentuk bullish divergence, yang merupakan sinyal bullish sebelum kenaikan harga saat ini terjadi.

ETH/USDT 1W Kucoin

ETH mampu meneruskan laju bullishnya dan menyentuh titik resistance. Kandil mingguan ETH kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 4,83%.

Penguatan yang terjadi selama sepekan tersebut menjadi konfirmasi breakout symmetrical triangle pada penutupan kandil mingguan 9 Januari.

Weekly candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.627, level tertinggi berada pada harga $1.679 dan level terendah berada pada harga $1.501.

ETH/USDT weekly chart Kucoin. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Laju bullish ETH berhasil menyentuh harga tertinggi pada penutupan kandil mingguan 24 Oktober di level $1.663.

Breakout terhadap titik tersebut merupakan misi selanjutnya jika ingin kembali mendapatkan sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout titik tersebut, kemungkinan laju bullish akan mencapai harmonic resistance pada level $1.911 sebagai target naik selanjutnya.

BNB/BUSD 1W Binance

BNB masih belum mampu melanjutkan laju bullishnya, dan terlihat bergerak sideways. Kandil mingguan BNB di tutup hijau, naik tipis sebesar 0,33%. Meskipun begitu, pergerakan harga BNB masih melaju pada bullish channel.

Weekly candle BNB pagi ini ditutup pada harga $303,2, level tertinggi berada pada harga $311,5 dan level terendah berada pada harga $281,2.

BNB/BUSD weekly chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB mengalami penurunan dan tertahan support pada level $289. Harga BNB mampu bounce dan berhasil ditutup hijau.

Laju bullish BNB belum ada penguatan yang dapat mendorong kenaikan harga lebih lanjut. Harmonic resistance pada level $321,7 masih menjadi target naik terdekat BNB.

Sentimen positif akan kembali didapatkan apabila pergerakan harga BNB berhasil breakout titik tersebut. Laju bullish BNB berpotensi menyetuh level $354,3 apabila berhasil breakout.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.