Kapitalisasi Pasar Crypto Menyusut, Bagaimana Sentimen Pasar Pekan Ini?

Share :

Portalkripto.com — Total nilai kapitalisasi pasar kripto turun mendekati angka $1 triliun atau sekitar $1,001 pada Senin (22/8) sore. Menurut coinmarketcap.com, total kapitalisasi pasar menyusut mengikuti penurunan harga BTC sekitar 12% dalam sepekan terakhir.

Sedangkan total kapitalisasi pasar kripto diluar bitcoin berada pada $603 miliar, turun dari tertingginya pada November tahun lalu $1,638 triliun.

Secara umum, pasar kripto telah kehilangan nilai kapitalisasi sekitar $1,2 triliun sejak Januari 2022. Total nilai kapitalisasi pasar terendah di 2022 terjadi pada Juni, $793 miliar.

Pasar kripto terus menghadapi tekanan berat sejak awal tahun, meski sejak Agustus ini sempat mendapatkan angin segar.

Seperti yang terjadi sekarang, kapitalisasi pasar mendekati angka $1 triliun yang akan mempengaruhi sentimen pasar, memicu lebih banyak ketakutan di pasar.

Hal ini tercermin dari Fear and greed index pada hari Minggu tanggal 21 Agustus yang menyentuh level terendah di bulan Agustus yaitu ditutup pada level 27. Kondisi tersebut merubah sentimen pasar yang sudah membaik menjadi negatif kembali.

Terlepas dari agresifitas Bank Sentral AS atau The Fed untuk menekan inflasi, para analis percaya bahwa tekanan ekonomi makro dan pergerakan uang menuju sekuritas yang lebih aman seperti obligasi pemerintah dalam lingkup suku bunga yang meningkat berkontribusi pada menurunnya aset kripto.

Wakil Presiden Eksekutif CoinDCX, Minal Thukral, mengatakan tekanan ekonomi makro mengoreksi harga kripto. Uang bergerak menuju aset yang aman seperti obligasi. Sementara kripto kemungkinan akan tetap berada di zona bearish dalam waktu dekat.

Perhatian Tertuju pada The Fed Pekan Ini

Federal Reserve Amerika Serikat atau The Fed sekali lagi berada di posisi yang sangat menentukan pada minggu ini dan apapun keputusan mereka akan memicu harga makro untuk aset berisiko.

Pekan lalu dalam pertemuan dengan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), pejabat Fed, bersama dengan tokoh perbankan dari seluruh dunia akan bertemu lagi dalam simposium Jackson Hole tahunan pada 25-27 Agustus.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Analisis Harga BTC, ETH, dan BNB Sepekan, Minggu Ambyar

Setelah Jatuh 20% dalam Sepekan, Pergerakan ETH Masih Bawa Angin Segar


Simposium ini digelar pada saat yang pasar di AS sedang kritis. Inflasi di bawah yurisdiksi Fed memang tampaknya mulai mendingin, namun di tempat lain cerita berbeda.

Data inflasi AS terkini masih akan keluar beberapa minggu lagi, tetapi hal itu tidak menghentikan Ketua Fed Jerome Powell untuk memberikan petunjuk kuat tentang bagaimana Fed akan bereaksi dan memposisikan kebijakan ekonomi masa depan.

Mengingat hal tersebut, volatilitas dapat dengan mudah naik, baik sebelum, selama atau setelah simposium selesai. Maka simposium Jackson Hole adalah kunci utama yang harus diperhatikan dalam beberapa hari mendatang.

Pergerakan Onchain Positif

Meski harga BItcoin dan kebanyakan aset kripto brekapitalisasi pasar besar lainnya boncos selama sepekan ini, namun pergerakan aset yang lari ke bursa atau exchanges menyusut di bulan ini.

Berdasarkan data dari platform analitik on-chain CryptoQuant, sejak 18 Agustus 2022, cadangan Bitcoin yang tersedia di 21 bursa utama turun dari 2.342.662 BTC menjadi 2.309.727 BTC pada 22 Agustus.

Hal ini menandakan bahwa sentimen jual yang dilakukan oleh investor terus berkurang.

Sementara itu, data dari Glassnode, pun menunjukan  bahwa total cadangan Bitcoin di bursa saat ini mencapai level terendah baru empat tahun pada 22 Agustus.

http://

Sebagai perbandingan, pada Agustus 2018, BTC/USD naik menuju $7.000, tetapi masih beberapa bulan keluar dari pasar beruang terendahnya di $3.100.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.