Kepala Ekonomi IMF Menganjurkan agar Crypto Tidak Dilarang

Portalkripto.com– Chief Economist International Monetary Fund (IMF)  Gita Gopinath menyarankan agar penggunaan cryptocurrency tidak dilarang. Namun, Gopinath merasa pihaknya harus menyerukan kebijakan global untuk mengatur regulasi mata uang kripto ini.  

“Mengatur aset dan mata uang kripto sangat penting, terutama untuk negara berkembang dan ekonomi berkembang, karena melarangnya mungkin tidak berhasil karena pertukaran kripto berada di luar negeri, yang memudahkan seseorang untuk memperdagangkannya meskipun ada larangan,” kata Gopinath saat menjadi pembicara di kuliah umum yang diselenggarakan oleh NCAER, Rabu 15 Desember 2021.

LIHAT JUGA: Pendiri Sandbox Tak Ingin Metaverse Dikuasai Perusahaan Big Tech

Ia pun mengatakan, bahwa keberadaan aset kripto menjadi tantangan lembaganya ke depan. Karena, menurutnya, saat ini tidak ada satu negara pun yang dapat menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Dengan karakter aset kripto yang cukup rumit, membuat transaksi aset ini melampaui batasan regional. 

“Kripto menimbulkan masalah karena biasanya negara berkembang yang sedang berkembang memiliki kontrol nilai tukar, kontrol modal, dan langkah-langkah aliran modal …, aset dan mata uang kripto dapat digunakan untuk menghindari peraturan tersebut,” kata Gopinath. 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM