Kontestan El Salvador Gunakan Busana Bertema Bitcoin di Ajang Miss Universe 2022

Share :

Portalkripto.com — Aktris dan model asal El Salvador, Alejandra Guajardo, mewakili negerinya dalam babak pertama ajang kontes Miss Universe 2022 dengan mengenakan kostum bertema Bitcoin saat melenggak-lenggok di atas panggung.

Dalam video yang beredar luas di twitter dan instagram, tampak Guajardo mengenakan kostum yang didominasi warna emas. Di bagian punggungnya mengantung uang koin yang pernah digunakan oleh masyarakat El Salvador hingga 2021. Pinggiran uang tersebut dihias biji kakao yang merupakan ciri khas dari negeri yang berada di kawasan lautan Karibia. Sementara tangan kanannya memegang tongkat dengan kepala koin emas Bitcoin.

“Penampilan ini mewakili sejarah mata uang El Salvador. El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah,” jelas pembawa acara.

Busana yang dibuat dari plastik daur ulang tersebut dirancang oleh seniman Francisco Guerrero.

Guajardo akan beradu melawan 16 kontestasn lainnya di babak pendahuluan. Jika lolos, maka dia akan melaju ke babak selanjutnya bersaing dengan kontestan dari 84 negara.

Tema busana bitcoin yang dikenakan Guajardo ini merupakan salah satu upaya pemerintah El Salvador yang konsisten melakukan memperluas penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang legal.

UU Obligasi yang Didukung Bitcoin

Pada 11 Januari, Pemerintah El Salvador mengesahkan undang-undang yang mengatur obligasi yang didukung Bitcoin.

Undang-undang ini dinamakan Volcano Bond. Fungsinya sebagai dasar hukum yang akan digunakan untuk membayar utang negara, mendanai pembangunan Kota Bitcoin, dan menciptakan infrastruktur penambangan Bitcoin

UU tersebut ditandatangani oleh Presiden Nayib Bukele. Dari 78 anggota parlemen yang melakukan voting, 62 suara mendukung dan 16 menolak.

Dengan tersebut maka pemerintahan Bukele akan mulai menerbitkan obligasi.

Obligasi tersebut ditargetkan untuk mengumpulkan $1 miliar untuk negara dan setengahnya digunakan untuk membangun zona ekonomi khusus.

Dalam proposal awal disebutkan, token obligasi akan didenominasi dalam mata uang dolar AS. Hal penting lainnya adalah obligasi memiliki jatuh tempo sepuluh tahun, dan tingkat bunga tahunan sebesar 6,5%.

Investor bitcoin di El Salvador berharap agar UU tersebut dapat membantu mengubah negaranya menjadi pusat keuangan mata uang kripto dunia.

“Langkah untuk mengesahkan Undang-Undang Sekuritas Digital yang baru, dan mengaktifkan instrumen baru seperti Obligasi Bitcoin, akan membantu El Salvador untuk melunasi hutang mereka yang ada, dan akan sangat penting untuk mengubah negara tersebut menjadi pusat keuangan utama dunia.” begitu harapan mereka.

UU tersebut juga mencakup kerangka hukum untuk semua aset digital selain Bitcoin. Selain itu menjadi landasan hukum untuk mmebuat regulator baru yang akan bertanggung jawab untuk menerapkan undang-undang sekuritas dan memberikan perlindungan bagi konsumen.

mengikuti legislatif El Salvador yang menyetujui RUU yang bertujuan menyediakan kerangka kerja untuk obligasi yang didukung Bitcoin. Anggota parlemen pro-crypto di negara tersebut mengusulkan penggunaan obligasi semacam itu untuk membayar utang negara dan mendanai pembangunan Kota Bitcoin bertenaga gunung berapi.