Linux Foundation Rambah Industri Wallet Digital

Share :

Portalkripto.com — Linux Foundation, organisasi nirlaba global yang membuat inovasi dalam ekosistem blockchain melalui akses ke teknologi open source, mengumumkan rencana untuk meluncurkan OpenWallet Foundation (OWF).

OWF adalah upaya kolaboratif antara perusahaan teknologi dengan lembaga publik, serta pemangku kepentingan dalam ekosistem blockchain. Tujuannya untuk mengembangkan perangkat lunak open source untuk mendukung interoperabilitas wallet digital. Wallet digital sendiri adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengirim, menerima, menyimpan, dan memantau aset digital.

Seperti yang disampaikan OWF, tujuan utama mereka adalah membangun mesin open source multiguna yang dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki pemahaman teknis untuk membangun wallet interoperable yang aman, terlindungi, dan privasi. Yayasan tersebut juga berusaha untuk membangun praktik terbaik untuk teknologi wallet digital.

Alih-alih membuat dompet digital itu sendiri, OWF ini akan fokus untuk membangun mesin perangkat lunak open source yang dapat digunakan oleh organisasi, perusahaan, dan pengembang lain untuk membuat dompet digital multi guna mereka sendiri.

Direktur eksekutif Yayasan Linux, Jim Zemlin, mengatakan pihaknya yakin bahwa wallet digital akan memainkan peran penting bagi masyarakat di masa yang akan datang.

“Perangkat lunak terbuka ini adalah kunci interoperabilitas dan keamanan. Kami senang menjadi tuan rumah OpenWallet Foundation dan bersemangat untuk potensinya,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang anggota OWF, David Treat dari Accenture, menjelaskan manfaat wallet digital ini akan menciptakan kemampuan untuk membawa identitas, uang, dan objek yang diberi token dari satu tempat ke tempat lain di dunia digital.

“Perubahan model bisnis besar-besaran akan datang dan bisnis digital akan menjadi salah satu yang mendapatkan kepercayaan untuk langsung mengakses data nyata di wallet kami untuk menciptakan pengalaman digital yang jauh lebih baik,” katanya.

Untuk menyempurnakan wallet digital ini, Linux Foundation bekerja sama dengan perusahaan teknologi lainnya seperti CVS Health, The Open Identity Exchange, Okta, OpenID Foundation, Ping Identity, polypoly, Procivis AG, Transmute, dan Trust Over IP Foundation.