Litecoin (LTC) “Bitcoin Versi Lite”

Share :

Portalkripto.com — Litecoin (LTC) merupakan mata uang kripto yang dirancang untuk menyediakan pembayaran yang cepat, aman, dan biaya rendah. LTC adalah salah satu proyek kripto paling veteran dan masih memiliki komunitas aktif yang besar.

Charlie Lee adalah pendiri Litecoin, seorang pegiat cryptocurrency sejak awal dan merupakan salah satu tokoh yang dihormati di industri cryptocurrency. Charlie dikenal sebagai “Chocobo” karena merupakan penambang Bitcoin awal dan merupakan mantan insinyur perangkat lunak untuk Google.

Pada Januari 2021, Litecoin adalah salah satu aset kripto yang paling banyak diterima. Lebih dari 2.000 pedagang dan toko sekarang menerima LTC di seluruh dunia. Manfaat utamanya berasal dari kecepatan dan efektivitas biaya.

Transaksi Litecoin biasanya dikonfirmasi hanya dalam beberapa menit, dan biaya transaksi hampir dapat diabaikan. Ini menjadikannya alternatif yang menarik untuk Bitcoin di negara berkembang, di mana biaya transaksi mungkin menjadi faktor penentu cryptocurrency mana yang akan didukung.

LTC menempati urutan ke-21 dalam peringkat di Coimarketcap.com, dengan kapitalisasi sebesar $4.369.324.601. Harga tertinggi sepanjang masa (ATH) LTC berada di level $412,96 yang berhasil dicapai pada tanggal 10 Mei 2021, sedangkan harga terendah sepanjang masa (ATL) berada di level $1,11 yang dicapai pada tanggal 14 Januari 2015.

Pergerakan harga LTC

LTC mengalami penurunan harga yang cukup signifikan sebesar 21% dimulai pada 13 Agustus dan menemukan lantai penurunanya pada tanggal 27 Agustus di level $51,68. Pergerakan harga LTC kembali pullback setelah menemukan lantai dari penurunannya.

Pergerakan harga LTC naik tinggi (pumping) pada 2 September malam dan menyentuh kembali resistance pada 18 Agustus di level $61,73 dan terlihat membentuk cup pada cup and handle pattern. Kemungkinan harga LTC akan turun membentuk handle terlebih dahulu untuk menyempurnakan pattern nya.

LTC/USDT 4h Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Penurunan harga LTC pada 6 September menjadikan pola cup and handle tidak valid. LTC turun cukup dalam sebesar 10,4%. Penurunan tersebut tertahan support di level $52,86. Saat ini terlihat pergerakan harga LTC mulai pullback dan berhasil menembus resistance pada level $56,49 yang sekarang beralih fungsi menjadi tahanan untuk menahan laju penurunan LTC.

Target naik terdekat berada pada level $57,72 dan resistance pada level $58,72 menjadi target naik selanjutnya jika harga LTC cukup kuat untuk breakout dan melanjutkan laju naiknya. Sedangkan level $60,14 menjadi target utama pada pullback LTC.