Mengenal CryptoFund, Penggalangan Dana Unicef yang Gunakan Bitcoin

Portalkripto.comUnited Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) ternyata memiliki badan penggalangan dana yang menerima bantuan masyarakat menggunakan cryptocurrency. Badan yang dinamai CryptoFund tersebut telah ada sejak tahun 2019.

CryptoFund merupakan bagian dari UNICEF’s larger Innovation Fund, yang memungkinkan lembaga sosial di bawah PBB tersebut bisa mendanai dan mengembangkan solusi untuk meningkatkan misi mereka pada kehidupan anak-anak. Sebagian besar dana yang digalang oleh CryptoFund dalam bentuk mata uang kripto.

Dikutip dari situs situs resmi CryptoFund, aset crypto yang dikumpulkan di badan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan atau mendanai proyek yang relevan dengan misi mereka. Saat ini, CryptoFund hanya menerima aset crypto Bitcoin dan Ethereum. 

LIHAT JUGA: Sinyal Baik, Bank di AS Ini Mulai Tawarkan Bitcoin Sebagai Aset Investasi

Keterbukaan yang menjadi prinsip dari teknologi blockchain menjadikan aset crypto sangat cocok digunakan untuk aksi sosial. Karena, setiap donor atau publik secara terbuka melihat transaksi setiap dana sosial yang diterima atau didistribusikan oleh lembaga tersebut. 

Dalam laporan resminya yang dipublikasi dalam website, CryptoFund mengumumkan telah menerima donasi sejumlah 2.267 ETH (sekitar Rp 68 miliar) dan 1 BTC (sekitar Rp 850 juta).

UNICEF Innovation Fund pun memanfaatkan cryptocurrency dan mata uang fiat untuk berinvestasi dalam proyek berbasis teknologi open-source yang hasilnya akan digunakan untuk program membantu anak-anak, seperti teknologi blockchain dan virtual serta augmented reality.

LIHAT JUGA: Data Berbicara: April Bulan yang Baik Bagi Harga Bitcoin

Baru-baru ini, Unicef CryptoFund juga telah menerima sumbagan dari Huobi Charity Limited. :perusahaan platform jual-beli aset kripto (exchange) tersebut telah menyumbangkan 7 BTC atau sekitar US$ 350.000. Selain itu, mereka pun menyumbangkan dana tambahan dalam mata uang konvensional sebesar US$ 640 ribu.

Dapatkan konten khusus portalkripto berupa premium artikel setiap harinya, dengan berlangganan Rp 20 ribu perbulan