Menjelang Ethereum The Merge, Gladi Bersih Jaringan Berjalan Lancar

Share :

Portalkripto.com — Ethereum berhasil melakukan gladi bersih transisi jaringan Ethereum ke proof-of-stake (PoS) dengan meluncurkan shadow fork terakhir pada Sabtu, 10 September 2022. Proses yang disebut The Merge ini diperkirakan akan berlangsung antara 13 dan 15 September mendatang.

Shadow fork ke-13 mainnet Ethereum ini diluncurkan lebih awal hari ini. Peluncuran shadow fork ini berfungsi untuk mengetahui apakah akan ada masalah yang berpotensi terjadi saat The Merge dan sebagai simulasi transisi mainnet dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) ke PoS.

Dikutip dar Decrypt.co Decrypt, pengembang inti Ethereum, Marius Van Der Wijden, mengatakan, shadow fork terakhir jaringan berhasil digunakan tanpa hambatan. Sebelumnya, upgrade Bellatrix yang dilakukan pekan lalu sempat mengalami masalah dengan melonjaknya ‘missed block rate’ hingga 1.700%

Metrik ‘missed block rate’ mengukur seberapa sering jaringan Ethereum gagal memverifikasi blok transaksi yang harusnya divalidasi. Biasanya hanya 0,5 blok yang mengalami masalah ini, tetapi setelah update Bellatrix dilakukan, angka itu melonjak menjadi 9%.

BACA JUGA: Pasar Kripto Kembali Optimis, Bitcoin Masih Kuat di Level Support $20 Ribu

Pengembang Ethereum mencatat, hal itu terjadi karena operator node belum memperbarui software mereka. Operator node adalah individu atau organisasi yang menjaga infrastruktur backend jaringan Ethereum agar tetap beroperasi.

Saat upgrade Bellatrix, 25,2% operator node Ethereum masih belum melakukan upgrade perangkat lunak mereka. Saat ini, angka itu turun menjadi 15,4%, per Ethernodes.

Pengembang inti Ethereum lainnya, Terence Tsao, mengatakan shadow fork terakhir yang diluncurkan hari ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah ‘missed block rate’. Menurutnya, pengujian ini berlangsung sempurna.

Gladi resik dilakukan pengembang Ethereum hampir setiap pekan dalam beberapa bulan terakhir. Pengembang terus berusaha mencari celah yang berpotensi menggagalkan The Merge.

Meski para pengembang selalu memberi sinyal bahwa The Merge akan berjalan persis seperti yang telah direncanakan, uji coba masih terus berlanjut.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.