🔥 HOT TOPIC :

Mimpi $1, Akankah SHIB Bernasib Seperti DOGE?

Share :

Portalkripto.com- Token Shiba Inu (SHIB) semakin mengukuhkan diri sebagai aset kripto paling moncer di kuartal 4 tahun ini. Pencapaiannya sangat luar biasa. Dalam satu bulan terakhir, SHIB telah membukukan keuntungan sekitar 600%. 

Token ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Gila. Meski, tak memiliki utilitas semegah Ethereum, BNB, dan Solana, SHIB punya keistimewaan yakni pasukan dan komunitas yang sangat besar juga militan.

Hal tersebut yang menjadikan SHIB terus membesar sampai sekarang sejak diluncurkan pada Agustus 2020. Saat laporan ini ditulis, 27 Oktober 2021, harga SHIB telah melonjak ke level $0,00005449, naik lebih dari 30% dalam 24 jam terakhir. 

Sedangkan kapitalisasi pasarnya pun membengkak menjadi $21,287,785,989. Dengan pencapaian itu, SHIB kini menggeser sejumlah aset kripto seperti Uniswap, AVAX,dan Chainlink. SHIB saat ini bertengger di posisi 11 Coinmarketcap.

Akankah Tembus $1?

Rasanya seperti dejavu ketika teriakan-teriakan optimisme SHIB Army di media sosial yang menyerukan token ini akan terbang ke harga $1. Fenomena ini persis ketika pasukan DOGE melakukan hal yang sama di bulan Mei 2021 lalu. 

DOGE dan SHIB setidaknya memiliki sejumlah kesamaan. Meski secara infrastruktur dogecoin lebih kaya dari SHIB. DOGE memilki jaringan blockchainnya sendiri, sedangkan SHIB hanya menggunakan jaringan Ethereum. Dan dari segi total pasokan DOGE lebih sedikit dibandingkan kompetitornya tersebut.

LIHAT JUGA: Shiba Inu Menyalak Lagi, Whale Borong 276 Miliar SHIB Senilai $ 11 Juta

Balik lagi ke masalah harga, DOGE yang memiliki penggemar dan holder garis keras sepertinya harus menunda mimpinya untuk mencapai $1 dollar dalam waktu dekat. DOGE gagal untuk menembus harga tertingginya di angka $0.7376 pada bulan Mei lalu. 

Pompa DOGE saat itu tertolong oleh mesin cuitan bernama Elon Musk. CEO Tesla tersebut bahkan sampai dijuluki sebagai Dogefather karena cuitan atau gimmick yang terus memberi harapan kepada holder DOGE.

Hal tersebut sangat berpengaruh pada peningkatan harga DOGE. Meski efektif, cara-cara seperti terbukti tidak manjur untuk mendorong harga dalam jangka panjang.

Dan sedikitnya hal tersebut terbukti, kini kekuatan Elon tak mampu lagi memompa harga DOGE. Hingga akhirnya Doge terjungkal ke harga dan mengalami sideways berkepanjangan.

$1 Dollar Masih Mimpi

Apakah SHIB akan bernasib sama? Mimpi $1 dollar rasanya masih terkesan muluk-muluk. Mengingat supply SHIB saat ini terbilang sangat besar, berjumlah 999,992,959,385,156.2488. Sedangkan, yang beredar telah mencapai 497,730,966,630,396.00 SHIB.

Sejumlah analis dan pemerhati pasar kripto pun memiliki keraguan yang sama. Harga $1 bagi SHIB merupakan jalan panjang nan terjal. Dan butuh sedikit keajaiban untuk menggapai mimpi para SHIB Army itu.

Secara teknikal, jika SHIB berhasil menembus harga $1–dengan aliran supply yang sama seperti saat ini–artinya token tersebut telah mengumpulkan kapitalisasi pasar sebesar $400 triliun. Dan jumlah marketcap tersebut sangat mengawang-awang. 

Bitcoin saja sampai saat ini baru mengumpulkan total market cap sekitar $1,2 triliun. Dan total marketcap crypto keseluruhan pun baru di angka $2,6 triliun. Melihat fakta tersebut angka $400 miliar lebih cocok disimpan dalam mimpi saja. 

Terlepas dari hitungan-hitungan tersebut, SHIB memiliki potensi untuk terus memompa harganya setidaknya hingga Desember 2021. Riuh rendah pasar kripto di kuartal 4 2021 ini cukup bagi SHIB untuk mencuri panggung. Pesta belum berakhir!

PENULIS; IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM