NFT Diproyeksikan Capai Volume Dagang $800 Miliar Dua Tahun ke Depan

Share :

Portalkripto.com — Walaupun NFT sudah masuk pasar sejak 2014, popularitasnya baru melonjak dalam dua tahun terakhir. Puncaknya terjadi pada Agustus 2021 yang dikenal sebagai ‘NFT Summer’, saat volume perdagangan NFT mencapai $5 miliar.

Menurut laporan CoinGecko, pasar NFT diperkirakan akan menyentuh volume $800 miliar dolar dalam dua tahun ke depan. Laporan itu menunjukkan, dari 871 responden, sekitar 72% di antaranya sudah memiliki NFT dan lebih dari 50%-nya menyatakan memiliki 5 NFT atau lebih.

“Sektor metaverse ini diproyeksikan bergerak ke angka $800 miliar selama 2 tahun ke depan, dan game tampaknya menjadi titik masuk yang paling besar ke pasar NFT,” tulis CoinGecko dalam laporannya..

Laporan tersebut juga menunjukkan keseimbangan investor antar generasi. Sebanyak 43,6% investor NFT yang disurvei berusia antara 18-30 tahun dan 45,2% berusia antara 30-50 tahun.

Pasar NFT ke depan tampaknya masih didominasi koleksi populer seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan CryptoPunks. Sebanyak 35,8% responden juga mengatakan mereka tertarik dengan NFT yang terkait dengan game play-to-earn dan metaverse, sedangkan 25 % menyatakan mereka lebih menyukai NFT karya seni.

Meskipun data dari TeleGeography menyatakan sudah ada lebih dari 7,1 miliar perangkat seluler aktif di seluruh dunia, PC komputer tetap menjadi pilihan utama untuk perdagangan dan pencetakan NFT. Sebanyak 60% investor melakukannya di PC.

“Data ini menunjukkan kemudahan PC untuk menavigasi pencetakan/perdagangan NFT yang sensitif terhadap waktu,” kata CoinGecko.

LIHAT JUGA: Pasar NFT Coinbase Cetak Rekor $100.000 dalam Sehari Penjualan

Untuk mendapatkan informasi mengenai proyek NFT baru atau proyek NFT yang akan datang, 60% responden mengatakan mereka lebih suka menggunakan Discord dan Twitter.

Harga terendah atau floor price juga menjadi bahan pertimbangan bagi para kolektor NFT. Sebelum membeli NFT, 38,5% responden akan melihat floor price-nya terlebih dahulu daripada melihat popularitas dan nilai artistiknya.

Ethereum diprediksi masih tetap menjadi jaringan dominan untuk NFT, disusul Polygon dan Solana. Selain itu, OpenSea masih mendominasi aktivitas perdagangan, disusul Solanamart dan LooksRare.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.