NFT Kian Diminati, Kuartal Pertama 2021 Mendominasi Industri Cryptocurrency

sumber: Dappradar

Portalkripto.com– Tahun 2021 ditandai dengan pesatnya pertumbuhan non fungible token (NFT). Berdasarkan hasil penelitian Dappradar, pertumbuhan volume perdagangan di marketplace NFT meningkat sangat pesat pada kuartal pertama 2021.

Dalam riset Dappradar menggambarkan bahwa pada bulan Februari-Maret 2021 NFT telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dalam dua bulan tersebut volume perdagangan NFT di sejumlah marketplace melonjak hingga mencapai nilai sekitar US$ 800 juta. 

“Penjualan teratas bulan Februari dan Maret menunjukkan potensi nyata NFT dengan penjualan masing-masing lebih dari $ 6,6 juta dan $ 69 juta,” tulis laporan tersebut. 

Tren koleksi karya seni digital ini memang telah menjadi perbincangan sejak akhir 2020 lalu. Tren ini dinilai akan menggenapkan ekosistem cryptocurrency di bidang karya digital. Dan tentunya  hal ini akan melibatkan sejumlah kreator untuk untuk bersaing membuat karya yang diperjualbelikan menggunakan cryptocurrency. 

Melonjaknya tren NFT tahun ini tidak lepas dari peluncuran sejumlah proyek. Darppradar menyebutkan peluncuran Hashmasks menjadi tonggak NFT kian digemari. Selain itu, proyek Picasso Punks, Polkamon, Chubbies, Bullrun Babes, dan proyek lama seperti Moon Cats Rescue dan CryptoCats, pun kembali naik ke permukaan.

“Peluncuran proyek-proyek baru memicu semangat pasar NFT.”

NFT merupakan sebuah token unik yang memilki ciri tak bisa digandakan. NFT masih berada dalam lingkup cryptocurrency yang bekerja di atas teknologi blockchain.

LIHAT JUGA: NFT Teknologi Baru yang Bikin Seniman dan Kreator Lebih Berdaya

Karya seni adalah salah satu sektor yang paling populer dalam memanfaatkan teknologi ini. Sejumlah seniman sudah mulai menggunakan teknologi ini untuk menjual karyanya.

Bagi seniman atau kreator, teknologi ini adalah cara lain untuk menghasilkan benefit. Misalnya, beberapa waktu yang lalu, band Kings of Leon merilis album baru mereka menggunakan NFT. Kings of Leon selain mendapat keuntungan dari hasil pembelian, karya mereka pun aman dari pembajakan. Karena, isu pembajakan masih menjadi faktor yang sangat merugikan para seniman.

Beberapa seniman juga bisa mendapatkan royalti setiap kali NFT yang menampilkan karya mereka dijual kembali menggunakan mata uang kripto seperti Ethereum (ETH).

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.