OP Berada di Titik Krusial, Berikut Analisa Pergerakan Harga Selanjutnya

Share :

Portalkripto.com — Optimism (OP) mengalami penurunan harga yang signifikan setelah laju bullish gagal mempertahankan momentumnya. Harga OP turun sebesar 47,63% pada periode 15 April hingga 12 Mei.

Sebelumnya, OP menjadi pusat perhatian pelaku pasar kripto karena mencatatkan kenaikan harga yang tinggi pada Q1 2023. Harga OP melonjak tinggi sebesar 261,94% pada periode 1 Januari hingga mencapai puncaknya pada 24 Februari.

Penurunan harga token blockchain layer-2 yang dibangun di atas jaringan Ethereum ini semakin menuai sentimen negatif pelaku pasar karena berhasil breakdown 200-day exponential moving avearage (EMA) pada tanggal 6 Mei.

OP/USDT 1D chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Hal tersebut menjadi pemicu terhadap penurunan harga yang lebih dalam. Pergerakan harga OP terlihat mulai stabil ketika penurunan harga menyentuh area support pada level $1,571-$1,660.

Setelah meyentuh area support itu, pergerakan harga OP berhasil rebound bergerak naik hingga menyentuh harmonic resistance di level $1,811. Sayangnya, usaha rebound tersebut mengalami penolakan dan menyebabkan harga kembali bergerak turun.

Saat ini pergerakan harga OP kembali berada di area supportnya. Ada beberapa skema untuk memperkirakan arah pergerakan harga OP selanjutnya.

Skema pertama adalah jika penurunan harga OP berlanjut dan breakdown area supprot tersebut, maka akan terjadi penurunan harga lebih dalam dengan target berada pada level $1,386 sebagai support selanjutnya.

Skema kedua adalah jika pergerakan harga OP kembali bergerak naik dan breakout area support saat ini, maka akan berpotensi membentuk pola double bottom dengan neckline berada di level $1,811 sebagai target naik terdekat.

Breakout neckline dan 200-day EMA di area level $1,811-$1,894 akan menjadi konfirmasi terhadap pembentukan pola double bottom, serta menjadi pemicu untuk kembali mendapatkan sentimen positif pelaku pasar.

Jika hal itu terjadi, maka besar kemungkinan bahwa pergerakan harga OP akan melanjutkan laju naiknya dengan target selanjutnya berada pada area level $2,006-$2,163.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.