Pasar Kripto Anjlok, Harga Dasar NFT Terdampak

Share :

Portalkripto.com — Transaksi di pasar mata uang kripto mengalamai penurunan sekitar 14% dalam nilai keseluruhan selama 24 jam terakhir. Penurunan ini termasuk kerugian sekitar 16% untuk Bitcoin dan 18% untuk Ethereum.

Melorotnya harga Ethereum ini berdampak pada pasar NFT yang juga merasakan kerugian. Namun ada hal yang mengejutkan yaitu volume perdagangan NFT justru meningkat tajam dalam 24 jam terakhir, naik 54% dibandingkan periode sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan kemungkinan kolektor mengambil keuntungan dari harga kripto yang sedang turun.

Seberapa besar penurunan koleksi NFT blue chip di tengah situsasi yang bearish ini? Berikut gambarannya

Harga dasar Bored Ape Yacht Club (BAYC), NFT yang populer, turun 16 persen menjadi hampir $107.000 di hari terakhir penjualannya jika diukur dalam dolar AS. Namun jika berdasarkan nilai ETH, maka penurunannya tidak terlalu buruk. Harga dasar Bored Ape turun hampir 11% menjadi sekitar 74,5 ETH.

Namun BAYC kehilangan nilai yang sangat besar jika diukur dalam satu setengah bulan terakhir. NFT BAYC termurah yang bisa dibeli pada tanggal 29 April adalah 152 ETH atau sekitar $429.000 pada saat itu.


Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:

Ethereum Masuki Zona Oversold Pertama Kalinya Sejak 2018, Pertanda Apa?

Celcius Network Hentikan Semua Aktivitas Jaringan

Winter is Coming, Aset Kripto Utama Mulai “Berjatuhan”


Koleksi NFT populer lainnya yang juga jatuh hari ini berdasarkan USD adalah Mutant Ape Yacht Club (MAYC) turun 22% menjadi sekitar $20.100 (14 ETH), Moonbirds turun 16% menjadi sekitar $23.250 (16,2 ETH), Doodle turun hampir 21% ke harga saat ini $11.650 (8.1 ETH), dan Meebits turun 27% menjadi $4.050 (2.8 ETH).

Seperti yang disampaikan sebelumnya, meski harga dasarnya mengalami penurunan namun secara keseluruhan, menurut situs analitik crypto, pasar NFT mengalami peningkatan 54% dalam volume perdagangan selama 24 jam terakhir dibandingkan dengan sebelumnya. Total penjualan di hari tersebut hampir $39 juta.

The Bored Ape Yacht Club memimpin daftar volume perdagangan selama satu hari terakhir, dengan penjualan senilai $5,8 juta.

Di urutan kedua, Mutant Ape dengan penjualan lebih dari $2,8 juta dan ketiga lahan virtual untuk game metaverse Otherside dengan nilai perdagangan mencapai $2,3 juta.

Menurut data dari DappRadar, pasar NFT melonjak menjadi $25 miliar dalam volume perdagangan pada tahun 2021 dan masih yang tertinggi hingga saat ini. Namun volume perdagangan NFT turun tajam awal bulan lalu seiiring dengan harga kripto yang menurun. Meski begitu, DappRadar melaporkan bahwa pasar NFT tampaknya akan tangguh menghadapi gejolak ini.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.