Pasar Kripto Kembali Koreksi, Berikut Outlook BTC, MATIC, dan TRX, 30 Mei 2023

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto kembali ditutup merah setelah sebagian besar aset di dalamnya mengalami penurunan harga pada penutupan kandil harian pagi ini.

Bitcoin mengalami penurunan harga sebesar 1,18% setelah bergerak naik secara impulsif pada 28 Mei. ETH mengikuti dengan penurunan harga sebesar 0,84%, dan BNB mencatatkan penurunan harga sebesar 0,80%.

Beberapa aset kripto lainnya terlihat mengalami penurunan harga yang cukup signifikan, seperti OP yang turun sebesar 7,19%, RNDR dengan penurunan sebesar 7,26%, dan AGIX yang turun sebesar 4,80%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto turun sebesar 0,86%, ditutup pada level $1,117 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,14 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,107 triliun.

Sentimen pelaku pasar masih tetap stabil menghadapi volatilitas pasar beberapa hari terakhir ini. Fear and Greed Index turun satu poin, masih konsisten berada pada kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, MATIC, dan TRX berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin mengalami penurunan harga setelah berhasil breakout pada penutupan kandil harian 28 Mei. Kandil harian Bitcoin ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,17% dan retest downtrend line.

Daily candle BTC pagi ini ditutup pada harga $27.736, dengan level tertinggi berada pada harga $28.447, dan level terendah berada pada harga $27.524.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin mengalami penolakan ketika laju naik menyentuh harmonic resistance yang merupakan ratio 0.5 fibonacci retracement di level $28.423. Hal itu menyebabkan penurunan harga yang terjadi saat ini.

Penurunan harga terlihat mendekati dinamis support pada 50-day exponential moving average (EMA) di level $27.437 sebagai tahanan terdekat. Bitcoin masih memiliki peluang untuk kembali bergerak naik dan breakout resistance di level $28.422.

Hal tersebut kemungkinan terjadi apabila pergerakan harga Bitcoin masih bertahan di atas dinamis support 50-day EMA.

MATIC/USDT Binance

Laju naik MATIC harus terhenti ketika menyentuh titik support yang berubah fungsi menjadi resistance. Kandil harian MATIC ditutup merah dengan penurunan sebesar 3,42%.

Volume perdagangan pada market spot Binance pair MATIC/USDT masih terlihat lesu, ditutup dibawah 20-day moving average (MA).

Daily candle MATIC pagi ini ditutup pada harga $0,9084 , dengan level tertinggi berada pada harga $0,9500, dan level terendah berada pada harga $0,9036.

MATIC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga MATIC berhasil rebound setelah penurunan harga berhasil ditahan oleh harmonic support di level $0,8587. Penutupan kandil harian 26 Mei mampu breakout 20-day EMA dan menjadi pemicu positif untuk bergerak lebih tinggi.

Namun, laju naik MATIC mengalami penolakan ketika menyentuh resistance yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 10 Maret di level $0,9426. Hal tersebut menyebabkan penurunan harga.

Saat ini penurunan harga MATIC kembali retest dinamis support pada 20-day EMA di level $0,9039. Jika pergerakan harga MATIC mampu untuk kembali bergerak naik, maka ada kemungkinan untuk breakout resistance di level $0,9426 dan melanjutkan laju naik dengan target berada pada level $1,0233.

Tetapi apabila tekanan jual masih tinggi dan mengakibatkan penurunan harga melewati 20-day EMA, maka pergerakan harga MATI berpotensi untuk kembali retest harmonic support di level $0,8587.

TRX/USDT Binance

TRX tidak mampu bergerak naik melewati resistance terdekatnya yang berdampak pada penurunan harga. Kandil harian TRX ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,70%. Volume perdagangan masih ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle TRX pagi ini ditutup pada harga $0,07610, dengan level tertinggi berada pada harga $0,07808, dan level terendah berada pada harga $0,07605.

TRX/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga TRX berhasil breakout major resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 20 Februari di level $0,07307 yang saat ini berubah fungsi menjadi titik support.

Hal tersebut menjadi pemicu positif terhadap kenaikan harga yang terus menguat hingga mencapai puncaknya pada 23 Mei di level $0,07988. Namun, laju bullish tersebut tidak mampu bertahan untuk bergerak diatas harmonic resistance pada level $0,07800.

Penutupan kandil harian 28 Mei kembali bergerak naik dan retest harmonic resistance tersebut, tapi masih mengalami penolakan yang menyebabkan penurunan harga saat ini.

Jika aksi jual masih mendominasi, maka penurunan harga TRX kemungkinan akan kembali retest dinamis support yang merupakan 20-day EMA di level $0,07406. Breakout terhadap harmonic resistance di level $0,07800 menjadi kunci untuk mendapatkan sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih tinggi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.