Pasar Kripto Masih Dalam “Ketakutan Ekstrem”

Portalkripto.com-Harga Bitcoin telah merosot di bawah $40.000 untuk pertama kalinya dalam enam minggu terakhir. Penurunan terjadi saat pagi hari pada 22 September, dengan harga BTC telah turun 16% dari hampir $47.300 pada senin malam, ke level terendah lokal $39.650 sekitar pukul 4 pagi WIB. Langkah ini menandai retracement 25% dari tertinggi lokal BTC di atas $50.000 pada 7 September.

Bitcoin tidak sendirian mengalami penurunan harga yang tajam pada 22 September, menurut CoinGecko, 29 dari 30 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar mengalami penurunan 24 jam.

Berdasarakan Crypto Fear & Greed Index, bearish ini bertepatan dengan sentimen “ketakutan ekstrem” di seluruh pasar. Hanya satu bulan yang lalu, metrik tersebut mengisyaratkan “keserakahan yang ekstrem.”

Beberapa kritikus crypto yang blak-blakan telah memanfaatkan penurunan untuk menawarkan prediksi apokaliptik untuk pasar, “Mr. Whale” menyatakan kepada 300.000 pengikut Twitter-nya bahwa “market bearish ada di sini.”

Sementara Bitfinexed percaya kehancuran kredit raksasa real estat China Evergrande akan mengancam cadangan Tether dan pasar crypto yang lebih luas melalui sistemik risiko.

Penurunan harga juga terjadi setelah ketua SEC Gary Gensler menyamakan stablecoin dengan chip poker dan menyerukan pengetatan regulasi sektor ini.

CEO Galaxy Digital Mike Novogratz muncul di CNBC untuk menawarkan bahwa dia tidak akan merasa “gugup” kecuali BTC gagal bertahan di atas $40.000 dan Ethereum jatuh di bawah $2.800. “Selama [tingkat harga] itu bertahan, saya pikir pasar dalam kondisi yang baik,” tambahnya.

Novogratz tidak sendirian dalam mengamati level sekitar $ 40.000 sebagai zona dukungan penting untuk BTC, dengan analis populer William Clemente III baru-baru ini menyatakan bahwa Bitcoin tidak mungkin turun di bawah $ 39.000.

BTC Mulai Konsolidasi 

Setelah hampir jatuh di bawah $ 40 ribu, Bitcoin pada perdagangan hari ini, 22 September 2021, tetap mencoba mempertahankan harga di kisaran $ 42 ribu. Secara psikologis pasar masih kuat menahan gempuran isu yang terjadi beberapa hari ini.

Kendati demikian, kapitalisasi pasarnya turun menjadi $800 miliar setelah menantang angka $1 triliun dua minggu lalu.

PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM