Pasar Mata Uang Kripto “Kebakaran”, Elon Musk Efek?

Portalkripto.com– Pasar mata uang kripto pada perdagangan Senin, 17 Mei 2021, kebakaran. Sejumlah koin bervolume besar mengalami koreksi yang cukup dalam. Bitcoin sebagai mata uang kripto terbesar mengalami koreksi sebesar 6,22% dalam 24 jam terakhir, turun ke harga US$44 ribu.

Penurunan harga BTC tersebut pun menjalar ke sejumlah altcoin. Ethereum (ETH), yang sebelumnya mengalami tren bullish dengan mencetak harga tertinggi barunya pun harus mengalami koreksi yang tak kalah dalamnya.

Ethereum koreksi 11,29% dalam 24 jam terakhir, Begitupun dengan Binance Coin (BNB), ADA, dan Doge, mengalami koreksi.

Kondisi pasar saat ini tak bisa dilepaskan dari efek cuitan Elon Musk sejak 14 Mei 2021 yang seolah mengkritisi Bitcoin. Mulai dari mengkritisi penggunaan energi kotor pada aktivitas mining Bitcoin hingga pembatalan BTC sebagai alat pembayaran produk kendaraan listrik Tesla.

LIHAT JUGA: Dominasi BTC Makin Tergerus, Terburuk Sejak 3 Tahun Terakhir

Di pekan kemarin, Elon Musk seolah menjadi tokoh yang disoroti karena sikapnya yang justru merugikan pasar mata uang kripto, terutama Bitcoin. Sejumlah analis dan investor mengkritisi balik pernyatan-pernyataan Elon. 

Puncaknya, cuitan Elon Musk, yang ditafsirkan akan melepas seluruh aset Bitcoin yang dimilki oleh Tesla di kuartal kedua 2021, membuat pasar semakin anjlok.

http://

Dalam sebuah percakapan di Twitter dengan @CryptoWhale, Musk seolah tidak langsung menyangkal terkait dengan pernyataan akun tersebut yang menyatakan bahwa para pemegang Bitcoin akan “mencelakai” diri sendiri apabila Tesla menjual sisa kepemilikan BTC mereka.