Pasar Menghijau Imbas Inflasi AS Turun, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan SHIB, 13 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Volatilitas pasar kripto kembali diuji saat pengumuman tingkat inflasi (CPI) Amerika Serikat (AS) pada 12 Januari, pukul 20.30 WIB.

Penurunan Consumer Price Index (CPI) Amerika Serikat (AS), yang diumumkan pada Kamis, 12 Januari, menjadi pemicu terhadap penutupan positif yang dirasakan oleh keseluruhan aset kripto pagi ini. CPI bulanan dilaporkan turun sebesar 0,1%.

Twitter dikabarkan sedang mengembangkan Twitter Coins. Hal tersebut disampaikan oleh blogger bernama Jane Manchun Wong. Wong dikenal sering membuka misteri terhadap fitur-fitur baru yang masih belum di publish dalam suatu situs atau aplikasi.

Kandil harian Bitcoin pagi ini berhasil ditutup hijau, dengan kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 5,03%. Kenaikan tersebut diraskan juga oleh ETH, yang berhasil naik sebesar 1,91%, dan BNB meneruskan tren posisitif, mencatatkan kenaikan sebesar 1,02%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto berhasil curi panggung pagi ini, seperti APT yang mengalami kenaikan tinggi, sebesar 21,98%, dan BCH yang kembali bergairah, berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 8,92%.

Total kapitalisasi pasar kripto masih konsisten ditutup hijau, naik sebesar 3,05%, ditutup pada level $863,558 miliar, dengan level tertinggi berada pada $874,336 miliar, dan level terendah berada pada $828,149 miliar.

Sentimen positif masih dirasakan oleh pelaku pasar kripto. Fear and greed index naik satu poin, ditutup pada level 31, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan SHIB berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin kembali melanjutkan tren positif, setelah berhasil naik dalam lima hari beruntun. Kandil harian Bitcoin kembali ditutup hijau dengan kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 5,03%.

Kenaikan harga Bitcoin didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA). Tingginya tekanan beli menjadi salah satu faktor naiknya harga Bitcoin, hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) yang sudah berada pada area overbought.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $18.846, level tertinggi berada pada harga $19.117, dan level terendah berada pada harga $17.892.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout support yang menjadi resistance pada level $18.510. Hal tersebut diyakini mampu menarik sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Penutupan kandil harian 13 Januari menjadi konfirmasi terhadap breakout tersebut. Apabila penutupan kandil 13 Januari berhasil ditutup hijau, kemungkinan laju naik akan berlanjut dengan target berada pada harga tertinggi pada penutupan kandil harian 30 Agustus di level $20.576.

Crossing 20-day EMA terhadap 50-day EMA menjadi pemicu yang baik untuk mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

ETH/USDT 1D Binance

Penutupan kandil harian 12 Januari berhasil mengkonfirmasi breakout yang terjadi pada penutupan kandil 11 Januari. Kandil harian ETH kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 1,91%. Kenaikan harga tersebut didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.415, level tertinggi berada pada harga $1.438, dan level terendah berada pada harga $1.361.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH berhasil ditutup hijau dan bergerak naik menyentuh resistance terdekatnya yang merupakan golden ratio dari fibonacci retracement di level $1.439.

Laju naik kemungkinan akan berlanjut apabila pergerakan harga breakout berhasil breakout titik tersebut. Harmonic resistance pada level $1.537 menjadi target naik selanjutnya.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350 masih menjadi support solid apabila pergerakan harga ETH kembali koreksi.

BNB/USDT 1D Binance

BNB kembali meneruskan laju naiknya, mendekati resistance terdekatnya. Kandil harian BNB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,02%. Volume perdagangan masih belum mampu menembus 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $287,7, level tertinggi berada pada harga $288,6, dan level terendah berada pada harga $278,5.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB konsisten bergerak naik setelah berhasil breakout 20-day EMA pada 4 Januari. Laju naik BNB saat ini semakin mendekati resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 September di level $298,6.

Target utama laju bullish BNB saat ini berada pada harga tertinggi penutupan kandil harian 25 Mei di level $337,9.

Dinamis support pada 50-day EMA di level $267,5 masih menjadi tahanan solid apabila pergerakan harga BNB kembali turun.

SHIB/USDT 1D Binance

SHIB kembali bergerak naik setelah mengalamo koreksi pada 11 Januari. Kandil harian SHIB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,72%. Naiknya harga SHIB didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni, berada diatas 20-day MA.

Daily candle SHIB pagi ini ditutup pada harga $0,00000947, level tertinggi berada pada harga $0,00000968, dan level terendah berada pada harga $0,00000882.

SHIB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga SHIB kembali bergairah setelah berhasil breakout 20-day EMA pada penutupan kandil harian 5 Januari.

Kenaikan harga pada penutupan kandil harian 10 Januari berhasil menarik sentimen positif pelaku pasar kripto. Dinamis support pada 50-day EMA di level $0,00000887 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga SHIB kemballi koreksi.

Target naik SHIB berada pada resistance yang merupakan harga tertinggi penutupan kandil harian 10 November di level $0,00001055.

Tekanan beli terlihat masih kuat, hal tersebut terlihat RSI yang konsisten bergerak naik mendekti area overbought.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.