Perbedaan Paling Mendasar antara Bitcoin (BTC) dan Dogecoin (Doge)

By: Arly Fauzi (London Calling)
Penulis adalah seorang crypto enthusiast


Mungkin disini banyak yang bertanya , mengapa 1 Bitcoin (BTC) bisa seharga 47,247$ , sedangkan Dogecoin (DOGE) hanya seharga sekitar 0.068$.

Mengapa bisa begitu? Hal itu dikarenakan terdapat perbedaan market capitalization dan asset supply nya.

Sejak pertama launching, total supply Bitcoin (BTC) sudah di patok di 21,000,000 BTC, jadi jumlah Bitcoin (BTC) yang beredar tidak akan lebih dari itu.

Sedangkan jumlah Bitcoin yang sudah di tambang hingga saat ini sekitar 18,628,068 BTC, jadi masih ada sisa sekitar 4,3 juta BTC lagi untuk di tambang.

Sedangkan, Dogecoin (DOGE) circulating supplynya sekitar 128,359,074,715 DOGE. Dari situ, terlihat jelas bahwa jumlah total supply Bitcoin (BTC) dan Dogecoin (DOGE) sangat berbeda jauh, sehingga mempengaruhi terhadap harga dari masing-masing coin tersebut.

Data di atas diambil dari www.coinmarketcap.com

Jadi kesimpulannya : Ada baiknya sebelum kita membeli mata uang digital (Cryptocurrency) kita deep search lebih dalam tentang koin tersebut, misal seperti Utility nya, Total Supply, Total volume, Exchanger mana saja yang menerima coin tersebut dll .

Semua informasi itu bisa kita lihat pada website yang memonitoring hal tersebut , salah satunya www.coinmarketcap.com

Sepengalaman saya, trading di Crypto tidak hanya sebatas market analisis, tetapi Fundamental Analisis pun sangat penting karena bisa mempengaruhi harga Coin tersebut.

Disclaimer:

Tulisan ini merupakan analisa dari penulis. Materi tulisan ini bukan ajakan untuk membeli aset digital tertentu. Sebelum terjun ke dunia kripto pelajari dan pahami dulu mekansimenya.

Ikuti analisa dari Bung London Calling lainnya hanya di Portal Saham..

Leave a Reply

Your email address will not be published.