Pergerakan Harga Mulai Sideways, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan ATOM, 18 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Setelah mengalmi kenaikan yang cukup signifikan dalam sepekan, pergerakan harga pada major aset kripto terlihat sideways.

Rusia dan Iran berencana untuk mengembangkan mata uang kripto stablecoin berbasis emas. Vedomosti melaporkan, bahwa Direktur Asosiasi Industri Kripto dan Blockchain Rusia, Alexander Brazhnikov, mengatakan pembuatan stablecoin tersebut bertujuan sebagai alat pembayaran transaksi yang melibatkan perdagangan internasional menggantikan dolar Amerika Serikat (AS).

Platform lending, Vauld, diberikan periode perlindungan kreditur dari pengadilan Singapura, sebagai respon klaim negosiasi yang telah memasukin tahap lanjut oleh perusahaan.

Pada 17 Januari, Bloomberg melaporkan, bahwa Vauld terlah diberikan waktu lebih dari sebulan untuk menutup negosiasinya dengan salah satu dari dua pengelola dana aset digital untuk mengambil alih kendali eksekutif atas token yang tertahan di platformnya.

Pada Juli 2022, platform tersebut menghentikan penarikan untuk 800.000 pelanggannya, dengan alasan kondisi pasar yang tidak menguntungkan, dan tingginya jumlah penarikan. Terjadi penarikan senilai $200jt dalam waktu kurang dari dua minggu.

Penutupan kandil harian Bitcoin pagi ini ditutup merah, turun tipis sebesar 0,26%, diikut oleh ETH dengan penurunan sebesar 0,72%. Penurunan terhadap dua top aset kripto tersebut tidak berdampak bagi BNB, yang berhasil ditutup hijau, naik sebesar 0,13%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto lepas landas dengan kenaikan yang tinggi pada penutupan harian pagi ini, seperti CSPR yang mengalami kenaikan tinggi, sebesar 13,28%, GALA dengan kenaikan sebesar 6,25%, dan ETHW mencatatkan kenaikan sebesar 7,51%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami penurunan sebesar 0,31%, ditutup pada level $943,595 miliar, dengan level tertinggi berada pada $966,079 miliar, dan level terendah berada pada $930,22 miliar.

Penurunan harga yang dirasakan oleh Bitcoin dan ETH tidak berdampak pada sentimen pasar. Fear and greed index naik satu poin, ditutup pada level 52, dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan UNI berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin masih bergerak sideways pada 200-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,26%.

Aksi jual mulai meningkat, hal tersebut terlihat dari penutupan volume yang tinggi, berada pada 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $21.130, level tertinggi berada pada harga $21.647, dan level terendah berada pada harga $20.841.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Meskipun ditutup merah, kandil harian Bitcoin berhasil berada di atas 200-day EMA di level $20.993. Bitcoin berpotensi untuk melanjutkan laju naik, jika mampu bertahan diatas 200-day EMA.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 12 September di level $22.488 menjadi target naik terdekat saat ini.

Resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $20.576 merupakan tahan terdekat apabila pergerakan harga Bitcoin kembali koreksi.

Relative strength index (RSI) berada di area overbought. Kondisi tersebut menjadi sinyal hati-hati akan adanya penjualan untuk menekan supply.

ETH/USDT 1D Binance

Harga ETH akhirnya koreksi setelah sembilan hari beruntun ditutup positif. Kandil harian ETH ditutup merah dengan penurunan sebesar 0,72%. Tekanan jual mulai dirasakan, hal tersebut terlihat dari RSI yang perlahan bergerak turun.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.565, level tertinggi berada pada harga $1.609, dan level terendah berada pada harga $1.541.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH cenderung sideways setelah berhasil breakout 200-day EMA pada 14 Januari di level $1.506, yang saat ini berfungsi sebagai titik support terdekat.

Resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 29 Oktober di level $1.663 masih menjadi target naik terdekat.

Penurunan harga kemungkinan akan berlanjut apabila pergerakan harga ETH berhasil breakdown support terdekatnya. Resistance yang beralih fungsi menjadi support di level $1.439 menjadi tahanan selanjutnya.

BNB/USDT 1D Binance

BNB kembali ditutup positif, setelah dua hari beruntun mengalami penurunan. Kandil harian BNB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,13%. Volume perdagangan ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $299,4, level tertinggi berada pada harga $305,8, dan level terendah berada pada harga $294,9.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $298,6 masih cukup solid untuk menahan penurunan haga BNB.

Harmonic resistance di level $307,8 masih menjadi penghalang yang cukup solid untuk mengehentik usaha breakout dari BNB.

Sentimen positif akan kembali terasa apabila pergerakan harga BNB berhasil titik tersebut. Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 Mei di level $337,9 merupakan target naik utama BNB saat ini.

Dinamis support pada 200-day EMA di level $288,9 menjadi tahanan selanjutnya apabila penurunan harga BNB berhasil breakdown support terdekatnya.

ATOM/USDT 1D Binance

Pergerkan harga ATOM kembali melanjutkan koreksinya. Kandil harian ATOM ditutup merah, dengan penurunan sebesar 1,52%.

Tekanan jual yang tinggi menjadi faktor utama terjadinya penurunan harga tersebut. Hal tersebut terlihat dari RSI yang mengalami penurunan.

Daily candle ATOM pagi ini ditutup pada harga $12,155, level tertinggi berada pada harga $12,640, dan level terendah berada pada harga $12,050.

ATOM/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Laju bullish ATOM mengalami penolakan ketika menyentuh harga tertinggi pada penutupan kandil harian 18 Oktober di level $12,775.

Penurunan harga saat ini kembali retest 200-day EMA di level $12,208. Penurunan harga lebih dalam akan dirasakan apabila titik support terebut tidak mampu menahan penurunan harga ATOM.

Resistance yang berubah fungsi menjadi support pada penutupan kandil harian 30 November di level $10,691 menjadi tahanan selanjutnya.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.