Perusahaan Penambang Bitcoin Raksasa Buka Operasi Baru di Argentina

Share :

Portalkripto.com — Raksasa penambangan Bitcoin, Bitfarms, memulai operasi baru di Argentina karena mendapatkan akses ke sumber energi yang murah.

Bitfarms merupakan salah satu operator pertambangan terbesar di dunia dan beroperasi di empat negara.

“Berdasarkan nilai tukar mata uang asing saat ini dan harga gas alam di Argentina, biaya listrik di Rio Cuarto diharapkan menjadi yang terendah dalam portofolio Bitfarms dan menciptakan keuntungan yang signifikan,” jelas COO Bitfarms, Geoff Morphy, dikutip decrypt.

Bitfarms pertama kali mengumumkan kontrak barunya di negara Amerika Selatan itu pada April silam dan hari ini resmi beroperasi.

Argentina memiliki cadangan shale gas terbesar kedua di dunia sekaligus menawarkan potensi energi terbarukan yang kuat,” jelas Morphy.

“Kami diposisikan secara unik untuk memperluas basis global dan terus memanfaatkan kelebihan kapasitas pembangkit listrik berbiaya rendah di kawasan ini,” tambahnya.

Dia menceritakan saat melihat area yang memiliki kelebihan kapasitas energi, pihaknya mencoba dan memanfaatkan kapasitas pembangkit listrik surplus berbiaya rendah itu dan untuk mengontrak daya untuk jangka waktu yang lebih lama dengan harga yang menarik.

“Ini jelas bermanfaat bagi Bitfarm dan energi lokal,” tambah Morphy.

Operasi baru ini berbasis di Rio Cuarto, Cordoba, dan meningkatkan hashrate Bitfarms menjadi 4,1 exahash/detik (EH/s) dari 3,9. Tingkat hash mengacu pada kekuatan komputasi yang digunakan untuk menambang aset kripto.

Proyek Rio Carto terdiri dari dua gudang dengan masing-masing kapasitas 50 megawatt.

Dengan tambahan 10 MW, maka meningkatkan total kapasitas Bitfarm menjadi 176 MW. Bitfarms menambahkan bahwa mereka mengharapkan situs tersebut akan selesai pada awal kuartal kedua tahun 2023.

Penambangan Bitcoin adalah bisnis menggunakan komputer untuk menjaga keamanan jaringan dan mencetak kripto baru. Operasi ini membutuhkan energi yang besar dan biasanya sering dilakukan pada skala industri dengan banyak mesin.