Polygon Salip Ethereum dalam Jumlah Alamat Aktif

Portalkripto.com– Jaringan Polygon mulai unjuk gigi sejak bulan September 2021. Jumlah alamat aktif di jaringan tersebut meningkat 330% dalam tiga bulan terakhir. 

Jumlah alamat aktif ini telah melampaui aktivitas alamat di Ethereum dalam skala tiga bulan terakhir. Dalam skala periode yang sama alamat aktif Ethereum malah turun 12%.

Salah satu pendiri Polygon, Mihailo Bjelic menjabarkan perbandingan skala keaktifan alamat di Polygon dan Ethereum. Menurut statistiknya, Polygon memiliki 351.000 alamat aktif harian pada 27 September sedangkan Ethereum memiliki 326.000.

http://

Sementara itu, menurut data di Polygonscan , jumlah alamat aktif jaringan ini meroket pada 20 September, mencapai puncaknya 426.586 pada tanggal 27 sebelum turun kembali sedikit menjadi 385.740.

Sedangkan, berdasarkan data Etherscan melaporkan bahwa jumlah alamat aktif harian Ethereum adalah 457.402 pada 29 September. Sehingga keduanya cukup seimbang saat ini dalam hal jumlah alamat aktif harian. 

LIHAT JUGA: Facebook Kembali Serius Garap Proyek Kripto

Selain itu, Polygon tercatat memiliki jumlah transaksi yang lebih besar dibandingkan Ethereum. berdasarkan polygonscan, hingga saat ini jumlah transaksi polygon sebesar  5,7 juta transaksi pada tanggal 29 September. Sedangkan, Ethereum di tanggal yang sama total transaksinya hanya  1,1 juta. 

Mendapat Modal dari Mark Cuban

Polygon saat ini menjelma sebagai jaringan blockchain yang mempunyai daya saing cukup tinggi.  Ditambah Polygon telah menerima dukungan modal besar-besaran pada bulan Mei lalu dari miliarder Mark Cuban.

Adapun, token aslinya (MATIC), telah naik 4,2% selama 24 jam terakhir untuk mencapai $1,14.

Persaingan ketat antara Polygon dan Ethereum ini diperkirakan berkaitan dengan biaya tinggi Ethereum yang semakin meningkat. Biaya transaksi Ethereum telah meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir. 

Hal ini berdampak  pada lonjakan aktivitas pada protokol lapisan dua. Menurut Bitinfocharts, harga transaksi rata-rata di jaringan Ethereum saat ini sekitar $23. Operasi yang lebih kompleks seperti pertukaran token DEX atau interaksi kontrak pintar dapat menghabiskan biaya hingga $66 dalam bentuk gas menurut Etherscan.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM