Regulator AS Mulai Pantau Pergerakan Coinbase

CEO Coinbase Brian Amstrong

Portalkripto.com– The United States Securities and Exchange Commission (SEC) dilaporkan akan menuntut Coinbase atas program pinjaman yang akan diluncurkan oleh Coinbase.

Coinbase merupakan salah satu exchange terbesar ketiga di dunia dengan rata-rata volume harian mencapai US$ 11 miliar. Exchange ini sangat identik dengan penjualan aset crypto yang menyasar kalangan investor kakap atau whales.  

Coinbase berencana membuat sebuah program yang memungkinkan pemilik kripto untuk meminjamkan aset kripto mereka dengan imbalan bunga menjadi lebih umum di seluruh dunia. 

LIHAT JUGA: Kepala SEC AS Gary Gensler: “Inovasi Satoshi Nakamoto Itu Nyata”

Tetapi beberapa regulator, khususnya di Amerika Serikat mulai meningkatkan kekhawatirannya, dengan alasan bahwa produk tersebut harus mematuhi undang-undang sekuritas yang ada.

CEO Coinbase Brian Armstrong  menanggapi informasi tersebut dan menunjukkan bahwa ada perusahaan kripto lain di pasar yang saat ini juga menyediakan layanan pinjaman serupa kepada pelanggan mereka. Pihaknyameminta SEC untuk memberikan kejelasan terkait peraturan tentang topik tersebut. 

Armstrong mengatakan bahwa Coinbase sudah menghubungi SEC tentang program pinjaman dan SEC memberi tahu Coinbase bahwa penawaran tersebut adalah keamanan tetapi tidak memberikan panduan tentang kepatuhan terhadap undang-undang yang ada.

Dalam sebuah postingan blog pribadi hari ini milik Paul Grewal, yang menjabat sebagai Chief Legal Officer di Coinbase, menyatakan kekecewaannya atas tindakan SEC saat ia mempertanyakan pernyataan bahwa fitur pinjaman dapat dianggap sebagai “kontrak investasi atau catatan.”

“Pelanggan tidak akan ‘berinvestasi’ dalam program ini, melainkan meminjamkan USDC yang mereka pegang di platform Coinbase sehubungan dengan hubungan mereka yang ada. ” katanya.

LIHAT JUGA: Diperingati Otoritas Financial Afrika Selatan, Binance Balik Melawan

Ketua SEC Gary Gensler secara teratur mendesak perusahaan crypto untuk bekerja sama dengan SEC, sehingga mereka dapat beroperasi di bawah kerangka kerja publik dan memastikan keamanan.

Grewal menyatakan bahwa perusahaan akan menunda peluncuran program pinjaman setidaknya sampai Oktober, sementara mereka akan menunggu informasi lebih lanjut dari SEC.

CoinBase Global Inc telah melantai dalam bursa saham Amerika Serikat Nasdaq pada Rabu, 14 April 2021. Salah satu perusahaan exchange mata uang kripto terbesar ini menjadi satu-satunya perusahaan pertukaran aset kripto yang melantai di bursa saham AS. 

PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM