Rencana Akuisisi Aset Voyager oleh Binance US Dapat Lampu Hijau

Share :

Portalkripto.com — Perusahaan pemberi pinjaman kripto yang telah bangkrut, Voyager Digital, mendapatkan persetujuan awal dari pengadilan untuk menjual asetnya senilai $1 miliar kepada Binance US, dalam sidang Selasa, 10 Januari 2022.

Hakim Michael Wiles di New York mengizinkan Voyager untuk melakukan perjanjian pembelian aset dengan Binance US dan meminta suara kreditur atas penjualan aset tersebut.

Namun, pengacara Voyager, Joshua Sussberg, mengatakan kliennya khawatir Committee on Foreign Investment in the United States (CFIUS), lembaga yang bertugas memeriksa investasi asing di perusahaan AS, akan menentang akuisisi aset itu.

“Kami berkoordinasi dengan Binance dan pengacara mereka untuk tidak hanya menangani itu, tetapi juga untuk secara sukarela mengajukan permohonan melanjutkan proses ini,” kata Sussberg.

Pada 30 Desember 2022, CFIUS mengatakan, hasil peninjauannya dapat mempengaruhi kedua belah pihak dalam menyelesaikan transaksi pembelian aset. Tinjauan CFIUS juga bisa mengubah persyaratan akuisisi.

Binance US sebenarnya memberikan penawaran transaksi tunai senilai $20 juta dan transfer pelanggan dari Voyager ke platformnya. Jika penawaran ini disepakati, pelanggan Voyager dapat melakukan penarikan uang untuk pertama kalinya sejak perusahaan itu bangkrut pada Juli 2022.

Sussberg memperkirakan, kesepakatan ini memungkinkan para pelanggan Voyager untuk bisa mendapatkan kembali 51% dana simpanan mereka. Namun jika CFIUS tidak menyetujui kesepakatan tersebut, pelanggan Voyager akan dapat ganti rugi yang rendah.

Pemerintah AS sering ‘menggunakan’ CFIUS untuk menghalangi investasi Cina untuk masuk ke AS. Hal ini tampaknya juga menyulitkan Binance untuk mengakuisisi aset Voyager.

Binance US adalah cabang dari Binance, exchange kripto terbesar di dunia yang didirikan Changpeng Zhao (CZ). CZ diketahui merupakan kelahiran Cina meski telah lama menjadi warga negara Kanada.

Ia telah berulang kali menegaskan bahwa Binance dan Binance US adalah entitas yang berbeda. Binance US yang berkantor di Palo Alto, California, adalah perusahaan independen, yang terpisah dari Binance.

Selain CFIUS, akuisisi aset Voyager oleh Binance US juga ditentang oleh Komisi Sekuritas dan AS (SEC) AS. Voyager awalnya berencana untuk menjual asetnya ke FTX Trading, tetapi kesepakatan itu dibatalkan ketika FTX bangkrut pada November lalu.