Separuh Holder DOGE, BTC, dan ETH Ketiban Cuan Selama 2022

Share :

Portalkripto.com — Separuh dari holder Dogecoin (DOGE), Bitcoin (BTC), dan Ether (ETH) ternyata masih menghasilkan keuntungan walaupun kondisi pasar mengalami kelesuan sepanjang tahun 2022. Mereka menjadi kelompok yang terbilang beruntung lantaran kebanyakan holder kripto lainnya merugi karena harga koin yang terus turun.

Data IntoTheBlock per 29 Desember menunjukkan sekitar 53% holder DOGE mendapat untung dari harga DOGE terkini. Sisanya sebanyak 45% merugi, dan 2% ada di titik impas. Untuk BTC dan ETH, jumlah holder yang memperoleh keuntungan sepanjang 2022 mencapai 44% dan 46%.

Grafik data holder Dogecoin (Sumber: IntoTheBlock).

Persentase jumlah holder ketiga koin yang ada di zona hijau jauh lebih baik ketimbang holder sejumlah altcoin lain. Polygon (MATIC) dan Uniswap (UNI) misalnya, hanya 9% dari holdernya ada di zona hijau, Fantom (FTM) dan Shiba Inu (SHIB) 13%, atau Avalanche (AVA) 0%.

Berdasarkan jangka waktunya, holder DOGE, BTC, dan ETH didominasi oleh pemain lama. Sebanyak 72% holder BTC telah memegang koin ini lebih dari setahun. Sedangkan untuk ETH dan DOGE, jumlah holder berusia lebih dari setahun mencapai 69% dan 70%.

Dari segi kapitalisasi pasar, performa DOGE, BTC, dan ETH juga terbilang lumayan. Data Crypto Bubbles, kapitalisasi pasar DOGE turun ‘hanya’ 59,4% sepanjang 2022. Sedangkan penurunan BTC dan ETH sebesar 65,4% dan 68,3%.

DOGE, BTC, dan ETH hanya dikalahkan oleh XRP, BNB, TRX, yang mengalami penurunan kapitalisasi pasar masing-masing sebesar 58,5%, 53,4%, dan 29,4%.

Penyusutan kapitalisasi pasar sejumlah cryptocurrency (Sumber: Crypto Bubbles).

Catatan ini menjadi prestasi tersendiri bagi DOGE, BTC, ETH dan koin-koin lain yang masih bisa memberikan imbal balik investasi kepada separuh holder mereka di tengah kondisi pasar kripto yang terus bergejolak hampir sepanjang tahun.

Data CoinMarketCap menunjukkan kapitalisasi pasar kripto sepanjang tahun 2022 telah susut lebih dari 60%. Tren bear market dan kejatuhan sejumlah pemain besar seperti Terra Luna, FTX, Celsius, Voyager, Core Scientific, dll. telah menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh kelas aset kripto yang telah kehilangan lebih dari separuh nilainya.