Sequoia Capital Memangkas 66% Modal Investasi untuk Proyek Kripto

bitcoin portalkripto
Share :

Portalkripto.com- Raksasa modal ventura Sequoia Capital dilaporkan telah mengurangi alokasi pendanaan pada proyek kripto mereka. Semula perusahaan ini menganggarkan $585 juta, kini dipangkas menjadi $200 juta. 

Kebijakan ini tidak lepas dari munculnya krisis likuiditas dan pergeseran fokus mereka kepada pemain kripto yang lebih kecil. 

Menurut laporan Wall Street Journal pada tanggal 27 Juli, perusahaan modal ventura yang berfokus pada teknologi tersebut memberi tahu para investor pada bulan Maret bahwa mereka akan mengurangi Sequoia Crypto Fund- bersama dengan dana ekosistem mereka – untuk lebih mencerminkan perubahan kondisi pasar. 

Modal yang dipangkas dari investasi di proyek kripto akan digunakan untuk mendukung startup tahap awal, mengingat kerusuhan industri kripto baru-baru ini yang mengurangi banyak peluang untuk mendukung perusahaan-perusahaan besar.

Motif lain di balik pemotongan ini adalah untuk menurunkan ambang modal dan dengan demikian hambatan masuk bagi investor untuk berpartisipasi dalam penawaran dana Sequoia, menurut sumber-sumber.

“Kami membuat perubahan ini untuk memfokuskan diri lebih pada peluang tahap awal dan untuk menyediakan likuiditas bagi mitra terbatas kami,” demikian pernyataan Sequoia kepada Financial Times. 

Perusahaan tersebut menambahkan bahwa mereka telah mengembalikan lebih dari $15 miliar kepada investor selama tiga tahun terakhir. Sebagai tambahan informasi, Sequoia Capital di Indonesia telah berinvestasi pada perusahaan seperti Gojek, Traveloka dan Kopi Kenangan.

Aliran Modal Ventura Pada Industri Kripto Secara Umum Menurun

Dana untuk memodali proyek kripto tersebut diluncurkan sejak Februari 2022, ketika kapitalisasi pasar kripto turun 39,1% dari nilai tertingginya sebesar $3 triliun pada November 2021. Langkah yang dilaporkan oleh Sequoia mencerminkan tren lebih luas di kalangan perusahaan modal ventura yang memilih untuk mengurangi taruhan mereka dalam kripto.


Latihan Trading Crypto Tanpa Modal di Upsidebit. Unduh Sekarang Aplikasinya!


Investasi modal ventura turun 29,7% pada bulan Juni, dengan total dana yang terkumpul sebesar $779,32 juta dari 62 transaksi terpisah, menurut data dari Cointelegraph Research Venture Capital Database.

Aliran modal ventura telah turun 77,7% dari Juni 2023 dibandingkan dengan Juni 2022. Namun tidak semua perusahaan modal ventura mengurangi portofolio kripto mereka.

Polychain Capital dan Coinfund baru-baru ini mengumpulkan dana sebesar $200 juta dan $152 juta untuk dana investasi dan dana tahap awal masing-masing pada awal bulan ini.tak membuat para pengembang berhenti mengembangkan platform berbais smart contract.

Kendati demikian, laporan kuartal kedua 2023 dari BNB Chain mencatat, permintaan pengembangan teknologi berbasis blockchain hingga saat ini masih terus berkembang. 

Menurut laporan tersebut, platform seperti BNB Chain, Ethereum, Polygon, Fantom, Avalanche, Arbitrum, dan Optimism, mencatat peningkatan persentase pengembangan smart contract yang diverifikasi pada kuartal kedua tahun ini. 

BNB Chain menyatakan bahwa peningkatan smart contract yang diverifikasi di berbagai blockchain menyoroti peningkatan pentingnya keamanan, keandalan, dan skalabilitas dalam ekosistem blockchain. Perusahaan tersebut juga menulis bahwa hal ini menunjukkan ketangguhan industri meskipun dalam kondisi pasar sedang menurun.

“Peningkatan jumlah smart contract yang diverifikasi selama kuartal kedua tahun 2023, meskipun dalam kondisi pasar bear, menunjukkan ketangguhan dan minat yang semakin meningkat terhadap teknologi blockchain,” tulis laporan yang dipublikasi pada 27 Juli 2023 ini.