Setelah Harga Bitcoin Jatuh, Bagaimana Selanjutnya?

Portalkripto.com– Pasar kaget. Mungkin itu istilah yang tepat untuk menggambarkan suasana hati para trader pada 7 September malam WIB. Pasar cryptocurrency tiba-tiba anjlok dalam hitungan menit dan Bitcoin terjun bebas ke harga US$ 43 ribu dari kisaran harga atas US$ 52 ribu. 

Sejumlah analis menyebutkan, bahwa fenomena itu terjadi di tengah El Salvador sedang merayakan hari Bitcoin mereka. Negara tersebut secara resmi telah mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dan mereka mengumumkan telah membeli sekitar 400 BTC menggunakan uang negara. 

Sementara, berdasarkan data on chain, penurunan harga BTC kemarin diakibatkan adanya aksi jual dalam skala besar. Menurut data dari Bybt , platform perdagangan berjangka, Bitcoin senilai US$1,5 miliar telah dilikuidasi dalam 24 jam terakhir. Adapun,  US$900 juta Ethereum mengalami nasib yang sama.

LIHAT JUGA: El Salvador Beli Bitcoin Pakai Duit APBN Senilai US$ 150 Juta

Hal tersebut pun disampaikan oleh analis Willy Woo. Dalam sebuah unggahan di akun Twitter nya, Willy mengatakan bahwa aksi jual sebelum merupakan salah satu faktor mengapa pasar crash dalam beberapa menit saja. 

Namun, berdasarkan analisanya, secara data on-chain investor kakap belum sepenuhnya melakukan penutupan atau penjualan. Bahkan, ia menilai berdasarkan aktivitas pasar yang ia pantau, terdapat gejala bahwa pertukaran kembali dalam mode pembelian.

BTC Bertahan di Harga US$ 49 ribu adalah Kunci

Kontributor Cointelegraph Michaël van de Poppe menyoroti peluang recovery pasar yang akan terjadi apabila Bitcoin mampu bertahan di harga US$ 49 ribu. 

Menurutnya, jika BTC dapat berhasil ditutup di atas kisaran US$47.000–US$48.000 setelah mundurnya ini, pergerakan tersebut akan dianggap sebagai kunci dari tren positif dan tentunya membuka peluang pembelian yang baik, jika trend naik dilanjutkan.

http://

Saat laporan ini ditulis Bitcoin berada pada harga US$ 47 ribu, terkoreksi lebih dari 10% dalam 24 jam terakhir. Namun, secara teknikal, BTC nampak tengah mencoba recovery. 

Berdasarkan indikator RSI, nampak pasar sedang mengakumulasi kembali untuk mengangkat harga BTC. Kapitalisasi pasar cryptocurrency keseluruhan sekarang mencapai $2,103 triliun, dan tingkat dominasi Bitcoin adalah 42,1%.

PENULIS:IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM