Sui Blockchain Lakukan Testnet Publik Perdana untuk End User

Share :

Portalkripto.com — Proyek blockchain layer 1, Sui Network, kembali melakukan testnet gelombang 2 yang terbuka untuk publik. Anggota komunitas yang berminat dapat terlibat dalam testnet Sui Network.

Testnet gelombang 2 tersebut dimulai pada 26 Januari 2023 dan akan berlangsung selama dua atau tiga pekan. Berbeda dengan testnet gelombnag 1 yang hanya fokus untuk validator dan operator node, testnet kedua ini terbuka untuk validator, operator node, delegator, developer aplikasi, hingga pengguna akhir (end user).

Pengembang menyatakan testnet kedua ini akan berfokus pada ujicoba tokenomic Sui, termasuk di antaranya mencakup staking, delegasi staking, biaya gas, dan mekanisme Proof-of-Work (PoW) yang digunakan blockchain Sui. Pengembang juga akan menghadirkan dua game yang dirancang untuk menguji desain dan implementasi tokenomic Sui.

Tahapan awal testnet, end user bisa mengakses token SUI via faucet yang disediakan di kanal Discord Sui. Developer akan mengirimkan 0,1 SUI kepada masing-masing partisipan untuk melakukan ujicoba staking di sejumlah pool yang disediakan di dalam Sui Wallet.

Token testnet SUI beserta reward staking yang ada menurut pengembang tidak memiliki nilai moneter sama sekali. Token testnet SUI hanya diterbitkan untuk tujuan ujicoba semata.

Sebelumnya, banyak desas-desus yang menyatakan bahwa proyek ini akan membagikan airdrop gratis. Sui Network sendiri menyatakan bahwa mereka tidak pernah mengumumkan dan tidak memiliki rencana untuk memberikan airdrop. Sui Network juga menyatakan bahwa pengumuman airdrop yang beredar merupakan scam dan misinformasi.

Sekilas Blockchain Sui

Sui Network merupakan proyek blockchain layer 1 yang sempat digadang-gadang sebagai ‘Aptos Killer’. Julukan ini muncul salah satunya karena adanya irisan pada sosok-sosok yang mendirikan proyek Sui dan Aptos. Seperti Aptos, founder Sui merupakan mantan karyawan Meta (Facebook) yang pernah terlibat dalam Project Libra.

Proyek yang berdiri di bawah bendera Mysten Labs ini bertujuan untuk membumikan blockchain agar dapat lebih ramah diakses oleh pengguna langsung melalui skalabilitas dan latensi rendah. Jaringan Sui akan memungkinkan pengembang dan kreator untuk menyesuaikan proyek mereka dengan kemampuan rata-rata pengguna.

Kreator dan developer untuk membangun proyek mereka web3 mereka di blockchain Sui. Sejauh ini, sudah ada sejumlah developer yang mengembangkan DApps pada blockchain SUI, termasuk proyek NFT marketplace, wallet, dan aplikasi lainnya.

Proyek ini dibeking oleh sejumlah pemodal ventura kenamaan. Beberapa ventura yang mendukung pendanaan Mysten Labs antara lain Binance Labs, Coinbase Ventures, Circle, Sino Global Capital, Samsung Next, Apollo, Jump Capital, dll.