Tak Sekedar Karya Seni Digital, NFT adalah Semangat Zaman

Share :

 

Sebagian dari kita mungkin masih heran mengapa banyak orang yang rajin berburu Non Fungible Token (NFT) atau rela mengeluarkan uang untuk memilikinya. Apa sih gunanya NFT sehingga orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membelinya? Dan, apa keuntungan mereka yang memilki NFT?

Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh berbagai pihak di tengah gelombang popularitas NFT saat ini. Tapi, apakah kalian pernah bertanya kepada orang tua kalian mengapa rela mengeluarkan uang untuk membeli atau mengumpulkan perhiasan baik itu berbahan emas, perak, maupun berlian? 

Bila kita sederhanakan, NFT saat ini bisa kita sandingkan dengan sebuah perhiasan yang memilki nilai seperti kalung emas, cincin berlian, dan lainnya. Selain memilki nilai investasi, NFT dan perhiasan bisa dijadikan sebagai simbol kelas bagi para pemiliknya. Kita bisa melihat status seseorang dari apa yang mereka gunakan, kan? 

Apabila perhiasan adalah cara pandang orang-orang tua kita dulu mengekspresikan kebanggan mereka, generasi sekarang pun memilki cara pandangnya sendiri. NFT saat ini menjadi medium ekspresi bahkan bisa disebut sebagai subkultur anak-anak muda di berbagai negara. 

Ya, bedanya jika perhiasan kita bisa memegang fisiknya, NFT sebagian besar tidak bisa. Di dunia yang telah bergerak pada dimensi digital ini, tak semuanya yang berbentuk fisik itu bernilai, begitupun sebaliknya. 

Sampai sini mungkin kalian paham apa prinsip dari NFT. Nah, pertanyaan selanjutnya mengapa NFT bisa memilki nilai investasi dan bagaimana cara kerjanya? 

Kehadiran NFT tak bisa dipisahkan dari sebuah teknologi bernama blockchain. Teknologi ini juga yang menghadirkan aset baru bernama cryptocurrency atau aset kripto. Di mana aset kripto kini menjadi alternatif investasi, bahkan Bitcoin sebagai aset kripto pertama dan terbesar di dunia disandingkan dengan emas dalam konteks kelas aset. 

Balik lagi ke analogi NFT dan perhiasan. Jika NFT adalah perhiasan, kita bisa analogikan mata uang kripto sebagai emas batangan (dalam bentuk digital). Semuanya bermuara pada satu teknologi yakni blockchain

Kegunaan (Utility) NFT

Mungkin sebagian kalian sudah tidak asing dengan brand collection Bored Ape Yacht Club (BAYC), ya sekumpulan gambar monyet yang matanya malesin banget itu. BAYC hingga saat ini menjadi collection asset yang harganya sangat tinggi. Di marketplace Opensea, harga terendah BAYC ditaksir seitar 88 ETH atau setara dengan Rp 3,7 milyar.

Siapapun yang memilki BAYC dipastikan adalah sultan atau orang berduit. Maka tak heran, BAYC menjadi incaran artis-artis dunia seperti Paris Hilton, Justin Bieber, dan lainnya. Dengan kata lain BAYC memilki fungsi sebagai simbol kelas dan juga tiket masuk ke dalam komunitasnya. 

Tapi NFT tak berhenti di situ saja. Karena aset ini bergerak pada teknologi blockchain, banyak sekali kegunaan NFT yang bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah untuk amal, crowd funding, staking, voucher diskon, hingga bermain game. 

Saat ini banyak sekali kreator yang mengejar utilitas-utilitas tersebut untuk menghadirkan pengalaman yag lebih dari sekedar memegang karya seni digital. AZNverse adalah salah satunya. Brand collection NFT asal Indonesia ini menjadi salah satu NFT yang memilki sejumlah kegunaan. 

AZNverse berkolaborasi dengan exchange crypto terbesar di Indoensia, Tokocrypto. Proyek ini memiliki misi sebagai gerbang kebebasan finansial. NFT ini pun bisa menjadi tiket untuk mendapatkan diskon trading di Tokocrypto. 

Tak hanya itu, pemilki NFT ini berkesempatan bergabung dengan komunitas yang diisi oleh orang-orang yang terjun di dunia bisnis se-Asia Tenggara. Para pemegang berkesemapatan pula menambah jejaring. 

Gak sampai di situ, masih banyak juga kegunaan AZNverse yang belum diumumkan. Pengembang proyek NFT ini terus melakukan kolaborasi dan pengembangan produk ke depannya. 

AZNverse

Konten ini hasil kolaborasi Portalkripto dengan AZNverse.

Informasi lebih lanjut tentang proyek ini bisa dicek: 

Website: https://www.aznverse.com/

Twitter: https://www.aznverse.com/

Discord: https://discord.com/invite/cQAEcnzHFn