The Fed Gelar FOMC 13-14 Desember, Suku Bunga Pasti Naik

Share :

Portalkripto.com — Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed akan menggelar pertemuan FOMC terakhir di tahun 2022 pada 13 dan 14 Desember.

The Fed diperkirakan akan tetap menaikkan suku bunga antara 25 hingga 75 basis poin. Kenaikkan suku bunga itu akan diumumkan pada Kamis, 15 Desember 2022, sekitar pukul 02.00 WIB.

Dengan tingkat inflasi masih berada di angka 7,7%, kenaikan suku bunga di bulan Desember adalah hal yang pasti. Namun yang menarik adalah berapa tingkat kenaikannya.

Saat ini pasar berjangka menyiratkan kenaikan suku bunga 50 basis poin sebagai skenario yang paling mungkin dan menjadi awal untuk memperlambat kenaikannya. Hal ini berarti The Fed dapat menghentikan kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC Maret 2023.

Namun jika The Fed menaikkan suku bunga 75 basis poin, maka jeda kenaikan suku bunga diperkirakan akan dilakukan pada bulan Juni 2023 atau setelahnya. Meski demikian, peluang kenaikan suku bunga 75 basis poin lebih kecil dibandingkan dengan “keinginan” pasar berjangka.

Begitu juga bila The Fed menaikkan suku bunga 25 basis poin, maka jeda kenaikan bisa lebih cepat di awal 2023. Tetapi pasar melihat proyeksi itu kemungkinan sangat kecil terjadi terutama karena data ekonomi saat ini tidak mendukung. Terlebih kenaikan suku bunga sebelumnya di sepanjang 2022 berada di level tertinggi yaitu 75 basis poin selama empat bulan berturut-turut. Sehingga sangat kecil kemungkinannya bila suku bunga turun ke 25 basis poin.

Keputusan The Fed untuk mempertahankan kenaikan suku bunga 75 basis poin secara berentet telah terbukti meredam tingkat inflasi. Sejak mencapai tingkat tertingginya pada Juni 2022 (9,1%), tingkat inflasi terus menurun hingga Oktober 2022 (7,7%).