Token Liquid Staking Derivative (LSD) Bullish Jelang Ethereum Shanghai Upgrade

Share :

Portalkripto.com — Deretan token platform liquid stalking derivative (LSD) terpantau menunjukkan tren bullish dalam beberapa hari terakhir. Beberapa token LSD tersebut di antaranya Lido DAO (LDO), Ankr (ANKR), StakeWise (SWISE), Stafi (FIS), dan Rocket Pool (RPL), dll.

Data CoinMarketCap menunjukkan SWISE memimpin parade bullish dengan kenaikan 62% dalam sepekan terakhir. Kenaikan deretan token LSD ini rata-rata terjadi sejak awal tahun 2023, tepatnya pada 1-2 Januari.

Di peringkat selanjutnya, ada LDO yang mencatatkan kenaikan 32,50%, FIS 12,40%, RPL 9,97%, dan ANKR 4,5%. Kenaikan beberapa koin LSD yang mencapai dua digit ini jauh di atas Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) yang masing-masing cuma naik di kisaran 1,50% dan 4,62% dalam sepekan.

Grafik harga SWISE 7 hari terakhir (Sumber: CoinMarketCap).

Token platform LSD merupakan token native yang diterbitkan masing-masing jaringan penyedia layanan liquid staking. Liquid staking sendiri merupakan aktivitas staking di jaringan blockchain, terutama Ethereum, untuk mendapatkan reward atau imbalan.

Berbeda dengan staking langsung yang mengharuskan pemilik mengunci sejumlah token dalam waktu tertentu, liquid staking bisa dilakukan dengan modal seadanya dan tanpa kewajiban mengunci koin dalam jangka waktu tertentu, namun tetap mendapat reward yang sama. Skema LSD ini mirip dengan fitur earn di exchange yang menjanjikan profit dengan jangka waktu penguncian fleksibel.

Setiap platform memiliki token LSD-nya masing-masing yang berfungsi seperti ‘token bayangan’ ETH. Rocket Pool memiliki reTH, StakeWise sETH2, dan Lido stETH. Pemilik token LSD bisa melakukan staking dan memiliki token stETH, sETH2, dan reTH yang memiliki nilai 1:1 dengan ETH. Sedangkan token native platform LSD seperti LDO, SWISE, RPL, dll. dapat digunakan untuk voting dalam kebijakan jaringan.

Dampak Shanghai Upgrade

Tren laju bullish token sejumlah platform LSD ETH ini salah satunya dipicu oleh kepastian Shanghai Upgrade di Ethereum yang direncanakan mendarat pada Maret 2023. Salah satu agenda fokus upgrade tersebut adalah untuk membuka reward block staking ATH yang sejauh ini masih terkunci di Beacon Chain.

Berdasarkan data Dune Analytics di awal tahun, aktivitas liquid staking ini menyumbang 32,65% dari total jumlah 15,85 juta ETH yang di-staking di Beacon Chain. Lido tetap menjadi pemimpin dengan peningkatan pangsa pasar dari 18% menjadi 29,23% sepanjang 2022.

Grafik persentase partisipan staking ETH di Beacon Chain (Sumber: Dune Analytics).

Sayangnya, data tersebut juga menunjukan bahwa hanya 20% validator yang memperoleh keuntungan staking ETH sejak Beacon Chain diluncurkan pada Desember 2020. Sebanyak 80% lainnya menderita kerugian lantaran melakukan staking saat harga ETH ada di atas $1.200, yang merupakan harga rata-rata terkini koin tersebut.