Tren Positif Bitcoin Kembali Dipatahkan, Turun Lagi ke Harga US$ 38 Ribu

harga bitcoin turun lagi

Portalkripto.com– Bitcoin belum mampu meneruskan tren positif untuk mengejar resistensinya ke harga di atas US$ 41-42 ribu. Pada perdagangan hari ini, Kamis, 17 Juni 2021, berdasarkan data Coinmarketcap, Bitcoin terkoreksi 2,26% turun ke level harga US$ 38 ribu.

Padahal sebelumya, pada tanggal 15 Juni, harga Bitcoin berhasil menyelesaikan pola bullish inverse head and shoulders (grafik 4 jam), tetapi gagal mencapai target $45.500 setelah mencapai resistance di $41.350. Hal tersebut merupakan peningkatan harga Bitcoin yang paling baik sejak crash pada tanggal 19 Mei 2021. 

Banyak analis yang menilai penurunan harga BTC saat ini dipengaruhi oleh sejumlah kekhawatiran pasar tentang ancaman inflasi dan pengumuman The Fed yang berencana akan menaikan suku bunga pada tahun 2023.

LIHAT JUGA: Teknikal Analisis: Prediksi Harga Terendah Bitcoin

Dikutip dari Cointelegraph, The Fed menaikkan ekspektasi inflasi di AS dari 2,4% menjadi 3,4%. Hal ini selain berdampak pada pasar cryptocurrency, pasar saham AS pun tampaknya ikut terpukul. Pada perdagangan hari ini, indeks Dow Jones dan S&P 500 masing-masing turun 0,77% dan 0,54%.

Namun, sejumlah analis melihat bahwa performa pasar BTC saat ini tidak akan melewati harga di bawah US$ 38.300. 

Namun, apabila penurunan ini terus berlanjut di bawah kisaran $ 37.000 hingga $ 36.000 ini bisa saja memperburuk harga BTC hingga jatuh ke harga $ 35.000 hingga $ 31.000.

LIHAT JUGA:  Analisis Pasar Bitcoin, Apakah Sudah Saatnya Trader Masuk Lagi?

Sementara itu, Kepala eksekutif Pantera Capital, Dan Morehead, yakin bahwa masa genting pasar crypto akan segera berakhir. Hal tersebut didasari oleh akan melambatnya aksi jual yang dilakukan trader atau pedagang. 

Dalam buletin bulanan yang diterbitkan pada 14 Juni, pemodal ventura tersebut menyatakan bahwa waktu terbaik untuk membeli adalah ketika pasar “jauh di bawah tren”. 

Grafik deviasi tren Bitcoin mendukung klaim ini karena menunjukkan bahwa aset tersebut hanya “murah” relatif terhadap trennya selama seperlima dari siklus hidupnya.

http://

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.