Tren Positif Masih Berlanjut, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan UNI, 17 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto masih mempertahankan tren positifnya. Hal tersebut terlihat dari penutupan hijau pada kandil harian pagi ini yang dirasakan oleh sebagian besar aset kripto.

Pengembang token Shiba Inu mengumumkan perihal rilis beta Shibarium yang akan datang, dan membagikan informasi tentang blockchain layer-2. Upgrade yang akan dilakukan tersebut bukan hanya sebagai pemicu untuk memompa harga, tetapi fokus utamanya adalah untuk merevolusi ekosistem Shiba.

Para menteri keuangan dari negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa (UE), mengeluarkan pernyataan tentang pengenalan Euro Digital, setelah pertemuan di Brussel. Dalam pernyatannya, perkembangan dan penciptaan Euro Digital masih dalam tahap investigasi.

Penurunan Indeks Dolar Amerika Serikat (DXY) terus berlanjut. Hal tersebut terjadi setelah usaha bounce pada 4 November mengalami penolakan. Penurunan saat ini menyentuh titik terendah pada penutupan kandil harian 6 Juni di level 101,848.

Bitcoin kembali ditutup positif, dengan kenaikan sebesar 1,51%, setelah penutupan kandil harian 15 Januari di tutup merah. ETH masih konsisten ditutup hijau dalam sembilan hari beruntun, dengan kenaikan sebesar 1,57%, dan BNB harus mengalami koreksi, turun sebesar 1,06%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa altcoin berhasil curi panggung pada penutupan kandil harian pagi ini, seperti CELO, yang berhasil naik tinggi sebesar 14,38%, dan CRO, kembali bergairah dengan kenaikan sebesar 8,36%.

Total Kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,83%, ditutup pada level $946,451 miliar, dengan level tertinggi berada pada $965,84 miliar, dan level terendah berada pada $921,395 miliar.

Sentimen pasar kripto kembali ditutup positif. Fear and greed index naik 6 poin, ditutup pada level 51, dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan UNI berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin berhasil mempertahankan tren positif. Kandil harian Bitcoin kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 1,51%. Naiknya harga tersebut didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $21.186, level tertinggi berada pada harga $21.474, dan level terendah berada pada harga $20.611.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Resistance yang berallih menjadi support di level $20.576 masih cukup solid sebagai tahanan terdekat apabila harga Bitcoin kembali koreksi.

Penutupan kandil harian pagi ini berhasil breakout 200-day exponential moving average (EMA) di level $20.993.

Jika aksi beli masih cukup tinggi untuk mendorong laju naik Bitcoin, maka harga tertinggi pada penutupan kandil harian 12 September di level $22.488 menjadi target naik selanjutnya.

ETH/USDT 1D Binance

ETH konsisten berada pada lajur naiknya, dengan tujuh hari beruntun berhasil ditutup positif. Kandil harian ETH kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 1,57%.

Penutupan volume perdagangan pada market spot Binance pairs ET/USDT belum mampu menembus 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.576, level tertinggi berada pada harga $1.604, dan level terendah berada pada harga $1.521.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH berhasil bergerak di atas 200-day EMA di level $1.505, yang saat ini berfungsi sebagai titik support terdekat, apabila harga ETH koreksi.

Target naik ETH saat ini berada pada harga tertinggi penutupan kandil harian 29 Oktober di level $1.663.

Breakout terhadap titik tersebut akan menjadi pemicu yang baik untuk kembali mendapatkan perhatian pelaku pasar kirpto.

BNB/USDT 1D Binance

Pergerakan harga BNB kembali mengalami koreksi. Kandil harian BNB ditutup merah, dengan penurunan sebesar 1,06%.

Tekanan jual yang tinggi menjadi faktor utama penurunan harga. Hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) yang mulai bergerak turun.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $299, level tertinggi berada pada harga $308,1, dan level terendah berada pada harga $293,1.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Laju naik BNB mengalami penolakan ketika menyentuh harmonic resistance pada level $307,8, yang menyebabkan penurunan harga.

Penurunan harga BNB saat ini tertahan titik support terdekatnya pada level $298,6. Jika titik tersebut tidak cukup kuat untuk menahan penurunan harga, maka tahanan selanjutnya berada pada 200-day EMA di level $288,8.

Pergerakan harga BNB terlihat sudah membentuk Cup dari Cup & Handle pattern. Koreksi harga saat ini berpotensi untuk membentuk Handle pada pattern tersebut.

UNI/USDT 1D Binance

Pergerakan harga UNI kembali tertahan 200-day EMA sebagai dinamis resistance. Kandil harian UNI ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,79%.

Volume perdagangan ditutup cukup tinggi, berada di 20-day MA, dan RSI terlihat mulai koreksi, mengindikasikan adanya tekanan jual yang mulai tinggi.

Daily candle UNI pagi ini ditutup pada harga $6,540, level tertinggi berada pada harga $6,741, dan level terendah berada pada harga $6,271.

UNI/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis resistance pada level $6,620 masih menjadi penghalang yang solid untuk menahan laju naik UNI.

Penurunan harga UNI saat ini masih tertahan resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $6,510.

Jika titik support tersebut tidak mampu menahan penurunan harga UNI, maka akan ada penurunan lebih lanjut dengan target berada pada level $6,198.

Breakout 200-day EMA merupakan kunci utama untuk kembali menarik sentien positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih tinggi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.